Konflik Pecah Antara Thailand vs Kamboja Setelah Kuil Preah Vihear Masuk Daftar Warisan Sejarah Dunia

Materi sejarah kelas XII tentang Konflik-konflik dikawasan Asia Tenggara.

Konflik kerap hadir baik itu antar perseorangan, masyarakat, organisasi maupun negara. Istilah konflik diambil dari bahasa latin yaitu "con" yang berarti bersama dan "fligere" yang berarti benturan atau bentrokan.

Salah satu konflik yang terjadi dikawasan Asia Tenggara ialah Konflik antara pemerintah Thailand dengan pemerintah Kamboja. Dua negara berbatasan itu pernah mengalami konflik akibat sengketa Kuil Preah Vrihear.

Konflik Thailand antar Kamboja terjadi terkait kepemilikan atas Kuil Preah Vihear yang menjadi daftar situs bersejarah warisan dunia oleh UNESCO.
Lokasi Kuil Preah Vihear dan Seorang Pendeta
Sumber. https://cdn1-production-images-kly.akamaized.net/GL-QLDYR9BxXnJiFgk7f5e5omPM=/1200x675/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/7663/original/rebut-kuil-131111c.jpg

Kuil Preah Vihear merupakan Kuil Khmer pada abad XI yang terletak di bukit setinggi 525 di Pegunungan Dangrek, antara distrik Choam Khsant provinsi Preah Vihear, Kamboja dan distrik Kantharalak di provinsi Sisaket, Thailand.

Awal Mula Konflik
Pada bulan Juli 2008 Kuil Preah Vihear yang telah berumur 900 tahun dimasukkan dalam daftar warisan budaya dunia (World Heritage List) oleh UNESCO. Hal ini disambut gembira oleh Pemerintah Kamboja, namun memicu masalah di  Thailand.

Akibatnya, terjadilah kontak senjata antara tentara militer Kamboja dengan Thailand di perbatasan dekat Kuil Preah Vihear yang menjadi jantung sengketa antara kedua negara.

Baku tembak yang pecah antara tentara militer kedua negara terjadi pada tanggal 15 Oktober 2008 dan 3 April 2009 yang mengakibatkan jatuhnya korban dari kedua belah pihak.

Thailand kemudian meminta Dewan Keamanan (DK) PBB untuk mengerahkan pasukan pemelihara perdamaian PBB ke perbatasan itu.

Akan tetapi PBB memutuskan akan mengadakan perundingan di New York yang akan dihadiri Menlu Thailand Kasit Piromya, Hun Sen, dan Menlu Marty Natalegawa dari Indonesia sebagai ketua ASEAN pada 14 Februari 2011.

Pertemuan trilateral antara Menlu Indonesia Marty Natalagewa, Menlu Thailand Kasit Piromya dan Menlu Kamboja Hor Namhong, memastikan bahwa Thailand dan Kamboja memastikan untuk tetap menyelesaikan masalah konflik mereka dengan cara damai.

Penyelesaian Konflik Thailand vs Kamboja
Kedua belah pihak akhirnya sepakat untuk menyelesaikan persengketaan atas Kuil Preah Vihear diselesaikan melalui Mahkamah Internasional. Mahkamah Internasional, bentukan PBB, di Den Haag, Belanda, memutuskan pihak Kamboja sebagai pemenang. 

Sebagai konsekuensi, Thailand juga harus menarik tentaranya dari area sengketa itu.

Sumber Referensi:
  • Liputan6.com. Thailand Vs Kamboja Rebutan Kuil, Mahkamah PBB Memutuskan diakses pada tanggal 30 Juli 2023.

0 Response to "Konflik Pecah Antara Thailand vs Kamboja Setelah Kuil Preah Vihear Masuk Daftar Warisan Sejarah Dunia "

Posting Komentar