Materi Sejarah Organisasi Regional Ekonomi Masyarakat Ekonomi Eropa

Materi Sejarah Organisasi Regional Ekonomi Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE)

Gambar Bendera Uni Eropa

Materi Sejarah Peminatan yang membahas tentang organisasi ekonomi salah satunya ialah Masyarakat Ekonomi Eropa yang disingkat dengan MEE. Pada materi ini yang akan dibahas ialah:
1. Pengertian Masyarakat Ekonomi Eropa
Masyarakat Ekonomi Eropa disingkat dengan MEE ialah organisasi kerjasama ekonomi negara-negara dikawasan benua Eropa. Organisasi MEE ini dibentuk pada tahun 1957 di Roma, Italia.

2. Latar Belakang Terbuntuknya Masyarakat Ekonomi Eropa
Sejarah terbentuknya Masyarakat Ekonomi Eropa dilatar belakangi perpecahan dan kekacauan ekonomi di benua Eropa paska berakhirnya Perang Dunia ke II.

Gagasan pembentukan Masyarakat Ekonomi Eropa dimulai ketika negara Prancis dan Jerman Barat berkeinginan untuk melakukan kerjasama disektor baja dan batubara.

Melihat kerja sama yang dijalin Jerman Barat dan Prancis, akhirnya Belanda, Belgia, Italia, dan Luksemburg juga tertarik untuk bermitra. Melalui penandatanganan European Coal and Steel Community (ECSC) oleh enam negara. Keenam negara ini disebut dengan The Six State.

Dalam perkembangannya The Six State ingin memperluas kerjasama dikawasan Eropa, dan tidak hanya sebatas dibidang industri baja dan batubara saja tetapi juga kesektor ekonomi.

Pada 1 Juni 1955, The Six State mengadakan pertemuan di Messina (Italia) untuk membahas rencana kerja sama ekonomi antar negara-negara Eropa. Pertemuan ini menghasilkan keputusan pengangkatan Menteri Luar Negeri Belgia Henry Spaak sebagai ketua komite badan kerja sama ekonomi negara-negara Eropa.

Kemudian, Paul-Henri Spaak, seorang tokoh politikus, diplomat, dan negarawan Sosialis-Belgia memprakarsai ide kerja sama tersebut hingga akhirnya terbentuklah MEE melalui perjanjian Roma tanggal 25 Maret 1957 setelah disepakati oleh 15 negara Eropa.

3. Tujuan Dibentuknya Masyarakat Ekonomi Eropa
Pembentukan Masyarakat Ekonomi Eropa memiliki tujuan seperti:
1. Menciptakan kerja sama ekonomi negara-negara Eropa.
2. Meningkatkan perdagangan bebas dikawasan Eropa.
3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi Eropa.
4. Meningkatkan solidaritas sesama negara Eropa.

4. Anggota Masyarakat Ekonomi Eropa
Keanggotaan Masyarakat Ekonomi Eropa pada awal terbentuk tahun 1957 berjumlah delapan negara yaitu; Denmark, Inggris, Prancis, Italia, Spanyol, Belanda, Jerman Barat dan Portugal.

Pada tahun 1994 Masyarakat Ekonomi Eropa berubah nama menjadi Uni Eropa. Perubahan nama ini dilakukan untuk memperluas kerja sama. Bahkan, menambahkan kerja sama politik. Ketika MEE bertransformasi menjadi Uni Eropa, semakin banyak negara yang bergabung dengan organisasi ini. Total anggota Uni Eropa saat ini mencapai 27 negara.

Namun ada negara yang ingin keluar dari keanggotaan Uni Eropa yaitu Inggris. Alasan Inggris ingin keluar dari Uni Eropa dikarenakan Inggris ingin menjadi negara yang lebih demokratis dan mendapat kebebasan bernegosiasi dengan negara dunia ketiga. ***

0 Response to "Materi Sejarah Organisasi Regional Ekonomi Masyarakat Ekonomi Eropa "

Posting Komentar