Soal Sejarah Peran Supriyadi

Soal Sejarah Kelas XI
Supriyadi adalah tokoh yang mengorbankan perlawanan bersenjata terhadap Jepang di daerah...
a. Cot Plieng - Aceh
b. Sukamanah - Jawa Barat
c. Blitar - Jawa Timur
d. Gumilir - Jawa Tengah
e. Loh Bener - Jawa Barat

Pembahasan
Gambar. Supriyadi


Supriyadi merupakan pahlawan nasional Indonesia yang dikenal karena perannya dalam perlawanan terhadap pendudukan Jepang selama Perang Dunia II. Ia lahir pada 13 April 1923 di Trenggalek, Jawa Timur.

Supriyadi berasal dari keluarga priyayi dan mendapatkan pendidikan formal di MULO (Meer Uitgebreid Lager Onderwijs) dan Sekolah Tinggi Kedokteran Hewan di Bogor.

Supriyadi paling dikenal karena keterlibatannya dalam Pemberontakan PETA (Pembela Tanah Air) di Blitar pada 14 Februari 1945. PETA adalah organisasi militer yang dibentuk oleh Jepang untuk mempertahankan kepentingan mereka di Indonesia, tetapi Supriyadi dan sejumlah anggota PETA lainnya merencanakan pemberontakan untuk melawan kekejaman dan penindasan Jepang terhadap rakyat Indonesia.

Pemberontakan PETA di Blitar tidak berhasil. Banyak pejuang PETA, termasuk Supriyadi, mengalami nasib yang tidak jelas setelah pemberontakan tersebut. Supriyadi sendiri menghilang dan tidak diketahui keberadaannya setelah itu.

Meskipun Supriyadi menghilang, kontribusinya dalam perjuangan melawan penjajahan diakui oleh Pemerintah Indonesia. Ia diangkat sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 1975.

Supriyadi merupakan simbol keberanian dan perjuangan melawan penindasan, dan kisahnya terus dikenang sebagai bagian penting dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Kunci Jawaban
c. Blitar - Jawa Timur

Kata Kunci
Soal Sejarah, Supriadi, Pemberontakan PETA.

0 Response to "Soal Sejarah Peran Supriyadi"

Posting Komentar