Pendidikan Ilmu Sosial : Kehidupan dan Prilaku Ekonomi

Mata Kuliah : Pendidikan Ilmu Sosial
Pertemuan   : Ke 6, Senin 26 Maret 2012

Kehidupan dan Prilaku Ekonomi

A. Ilmu Ekonomi
Dalam bahasa inggris disebut economic, oleh sebab itu dapat diterjemahkan sebagai ekonomica. Ekonomi lahir pada abad ke 18. Sebelum itu persoalan ekonomi hanya dipelajari bersama filsafat dan agama. Pada tahun 1776 Adam Smith menulis sebuah buku mengenai ekonomi yang berjudul Politica ekonomi. Buku ini untuk pertama kalinya mengupas persoalan-persoalan ekonomi dari suatu sistematika yang terpisah dari suatu filsafat dan agama. Sehingga Adam Smith dikenal dengan Bapak Ekonomi, setelah itu terbitlah buku-buku ekonomi yang lainnya.
Istilah ekonomi dipakai sejak Alfred Marshall menulis buku Principil of economi. Adapun tokoh-tokoh penulis buku ekonomi lainya seperti :
1. Thomas Robert Malthus
2. David Ricardo
3. Jhon Stuart Mill
4. Karl Marx
5. Alfred Marshall
6. Jhon Maynard Keynes

Devenisi ekonomi banyak sekali macamnya. Samuelson salah seorang sarjana ilmu ekonomi mendefenisikan ilmu ekonomi adalah sebagai studi mengenai bagaimana caranya manusia samapai kepada pilihan untuk mengerjakan sumber-sumber produksi langka yang dapat mempunyai kegunaan-kegunaan untuk menghasilkan berbagai macam barang, menyebarkan untuk dikonsumsi sekarang atau masa yang akan datang. Adapun barang-barang ataupun benda-benda yang bermanfaat bagi manusia seperti ; bahan makanan, bahan perumahan, bahan pakaian, bahan bakar, yang sangat terbatas sebetulnya bagi manusia. Walaupun nampaknya sehari-hari berlimpah. Sebenarnya tidaklah demikian bahan-bahan tersebut sangat terbatas adanya jika dibandingkan dengan pertambahan jumlah penduduk yang terus-menerus bertambah.

Anda tentunya sudah pernah mendengar adanya hutan kalimantan, hutan sumatera, sekarang sudah tidak ada. Oleh karena itu  kita sebagai manusia dalam penggunaan sumber daya alam hendaknya mempunyai pertimbangan-pertimbangan tidak ceroboh dan asal pakai.

Hidup Hemat artinya adalah orang yang hidup penuh berhati-hati dalam menggunakan hak miliknya sehingga tidak ada pengorbanan sia-sia. Orang hemat dapat juga dikatakan sebagai orang yang dapat menggunakan hak miliknya secara efisien, efektif, dan produktif.

Efisien artinya penggunaan benda, tenaga, waktu, sesuai dengan kapasistas kegunaannya. Produktif artinya dapat menggunakan hasil yang maksimal. Efektif artinya apa yang dihasilkan sangat bermanfaat.

B. Kebutuhan Hidup Manusia
Kebutuhan adalah keinginan yang timbul dalam diri manusia dan masyarakat dalam bentuk tuntutan untuk memperoleh pemenuhannya. Semua kegiatan manusia dan masyarakat akan selalu bertolak dari adanya kebutuhan yang harus di penuhi. Kebutuhan adalah keinginan yang timbul dalam diri manusia dalam masyarakat.

Macam-macam kebutuhan
1. Kebutuhan Fisik
2. Kebutuhan Psikologis
3. Kebutuhan Religion

Kebutuhan berdasarkan pemenuhannya.
1. Kebutuhan primer
2. Kebutuhan sekunder
3. Kebutuhan tersier

0 Response to "Pendidikan Ilmu Sosial : Kehidupan dan Prilaku Ekonomi"

Posting Komentar