Tahukah Dimana Sawah Tertua di Dunia Berada ?

Bagi masyarakat Asia keberadaan sawah merupakan suatu hal yang umum. Masyarakat petani pada umumnya memilih bercocok tanam di sawah untuk mencukupi kebutuhan hidup. Tanaman yang biasanya di tanam pada areal persawahan ialah Padi. Kepandaian masyarakat Asia bercocok tanam di sawah telah diwarisi dari nenek moyang mereka, tapi tahukah dimana sawah tertua di dunia?
 Benaue Rice Terraces

Benaue Rice Terraces merupakan sawah tertua di dunia yang telah di akui oleh badan organisasi PBB UNESCO sebagai Warisan Budaya. Sawah yang dibangun dengan sistem terasering (beringkat-tingkat) ini berada di provinsi Ifugao,Filipina, negara di kawasan Asia Tenggara. Banaue Rice Terraces dibangun oleh orang-orang dari suku asli Batad, dengan mengunakan tenaga tangan dan peralatan pertanian yang sangat sederhana. Sawah ini telah ada sejak 2.000 tahun yang lalu, berada pada ketinggian 1500 meter dari permukaan laut, luas teras Banaue sekitar 10.360 kilometer persegi. Masyarakat suku Batad mengairi sawah dengan menyadap/mengalirkan sungai dan mata air yang berada di pegunungan kesaluran irigasi yang menuruni sawah mereka.

Suku Batad selama 2.000 tahun telah secara terus menerus menghasilkan padi, bahkan dewasa ini area persawahan Benaue Rice Terraces telah dijadikan sebagai objek wisata.

Untuk terus menjaga keberadaan sawah tertua itu UNESCO telah mengucurkan dana sebesar $ 1,4 juta kepada pemerintah Filipina untuk mengatasi ancaman sawah dari deforestasi dan perubahan iklim.

3 Responses to "Tahukah Dimana Sawah Tertua di Dunia Berada ?"