Alasan Kenapa Burung Tidak Kesentrum Saat Hinggap di Atas Kabel

Pernahkah kalian melihat burung-burung yang hinggap di atas kabel listrik? pasti hampir semuanya menjawab pernah, tapi kenapa burung-burung itu tidak kesentrum walaupun kakinya jelas-jelas menginjak kabel bertegangan tinggi.


Let's go..., Kita cari alasannya.

Listrik ialah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.

Kita bisa kesentrum karena terjadi perbedaan tegangan, kesetrum terjadi karena kontak dari tubuh manusia dengan sumber tegangan yang cukup tinggi sehingga menimbulkan arus melalui otot atau rambut. Ketika kesetrum, terdapat beda potensial (arus dari potensial tinggi ke rendah) sehingga muncul tegangan listrik antara tubuh dan lingkungan kita.

Bumi atau tanah memiliki jenis tegangan yang rendah. Hal ini menyebabkan listrik selalu mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konektor (konduktor).

Bagaimana Burung Bisa Tidak Kesentrum??
Pada saat burung hinggap di atas kabel listrik,mereka tidak akan kesetrum, karena burung tersebut hanya hinggap pada sebuah kabel dan tidak menyebabkan terjadinya perubahan pada tegangan listrik dalam kabel yang dihinggapinya. Kaki mereka tidak mnyentuh kabel netral atau Ground(pentanahan). Jadi tidak terjadi aliran beda potensial yang melewati tubuh si burung itu tadi, sehingga si burung tidak akan kesetrum.
 
Jika kita menyentuh kabel listrik seperti burung yang mencengkeram kabel, maka kita juga tidak akan kesetrum tentunya asalkan kaki kita tidak menyentuh tanah atau menggunakan alas kaki yang merupakan isolator (plastik, sandal karet, dan lain-lain).

2 Responses to "Alasan Kenapa Burung Tidak Kesentrum Saat Hinggap di Atas Kabel"