Sungai-Sungai Terpanjang di Dunia

Sungai banyak memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Tidak sedikit sungai menjadi tempat berkembangnya sebuah peradaban, sebut saja peradaban sungai Indus dan peradaban sungai kuning, itu semua tidak lepas dari fungsi sungai.

Sungai jika dilihat dari jenisnya banyak ragamnya, sungai yang dipandang dari jumlah airnya dapat dibedakan menjadi 4 jenis. Pertama, sungai Permanen yaitu sungai yang debit airnya sepanjang tahun relatif tetap. Kedua, sungai Periodik yaitu sungai yang pada musim hujan debit airnya akan banyak, jika terjadi kemarau debit airnya akan sedikit. ketiga, sungai Intermittent yaitu sungai apabila terjadi kemarau airnya akan kering, jika musim hujan airnya akan banyak. Keempat adalah sungai ephemeral yaitu sungai yang airnya hanya akan ada pada musim hujan.

Di Bumi jumlah sungai sangat banyak, karena banyaknya tidak dapat dipastikan berapa jumlahnya, mulai dari yang panjang hingga sungai terpendek. Dari sekian banyak sungai berikut sungai-sungai terpanjang di Dunia;

1. Sungai Nil (4.132 mil)


Sungai nil terletak di benua Afrika, sungai ini tak kurang melewati sembila negara; Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, dan Mesir.

Peranan sungai Nil sangat besar dari peradaban manusia, hasil dari sedimentasi sungai itu telah menghasilkan tanah yang subur. Banya pinggiran sungai Nil itu dijadikan lahan-lahan pertanian.

2. Sungai Amazon (6.400 Km)


Sungai Amazon merupakan sungai yang memiliki ciri khas berbentuk seperti ular. Sungai Amazon terletak di Amerika Selatan. Meskipun sungai Amazon lebih pendek dari sungai Nil, akan tetapi volume air yang mengalir setiap detiknya di sungai ini setara dengan pengabungan volume air sungai Nil, sungai Misisipi, dan sungai Yangtze. 

3. Sungai Chang Jiang (6.300 Km)

Sungai Chang Jiang atau lebih dikenal dengan Sungai Yangtze merupakan sungai terpanjang ketiga di dunia dan terpanjang pertama di Asia. Sungai ini berada di Negara China, memili panjang sekitar 6.300 km.

Sungai Yangtze ini memiliki keunikan yaitu air sungainya bisa berubah menjadi warna Merah. Penyebabnya kemungkinan diakibatkan dari hasil sedimentasi dan hujan lebat yang berada di hulu, perubahan warna sungai itu biasanya terjadi dibulan Desember.

4. Sungai Mississippi (6.275 Km) 


Sungai Mississippi terletak di Amerika Utara, memiliki panjang sekitar 6.275 km. Saat terjadi badai topan Isaac pada tahun 2012, sungai ini mengalami perubahan aliran, badai yang dahsyat serta menghasilkan angin kencang mampu mendorong aliran air kembali ke darat. Walaupun bersifat sementara tetapi betapa dahsyatnya topan Isaac.

5. Sungai O


Sungai OB adalah sungai yang terletak di Negara Rusia, Eropa Timur. Sungai ini memiliki panjang sekitar 3.459 km.

1 Response to "Sungai-Sungai Terpanjang di Dunia"

  1. makasih infonya, jangan lupa kunjungi balik web kami http://bit.ly/2IcFh7H

    BalasHapus