Sejarah Peradaban Bangsa Amerika

Amerika merupakan sebuah benua yang terletak di antara dua samudera, yaitu samudera Pasifik disebelah Barat dan samudera Atlantik disebelah Timur. Benua Amerika sebelum kedatangan bangsa Eropa, telah dihuni oleh suku-suku Indian yang diperkirakan oleh sejarahwan berasal dari Asia. Banyak versi yang mengatakan asal-usul nenek moyang orang Indian berasal dari Asia, diantaranya ialah:
  1. Teori yang dikemukakan oleh Muhammad Yamin dalam bukunya Sejarah Amerika mengatakan bahwa bangsa Indian berasal dari Asia. Bangsa Indian masuk ke Benua Amerika dalam 3 gelombang pada zaman Neolithikum. Gelombang pertama, ialah perpindahan orang Mongol dari Asia Timur Laut menjuju Amerika Utara dengan melalui selat Bering, diperkirakan kurang lebih 13.000 tahun yang lalu. Gelombang kedua, ialah bangsa Austronesia dari Barat ke Timur melalui lautan Pasifik dan sampai di Amerika Selatan. Gelombang ketiga, ialah perpindahan pelaut Austronesia menurut arus laut yang bergerak dari New Zealand dan Asia Timur bergerak menuju Amerika Selatan. Perpaduan antara bangsa Mongol dan Austronesia melahirkan bangsa Indian di Amerika.
  2. Menurut versi lain, kurang lebih 20.000 sampai 50.000 tahun yang lalu bangsa Amurian dari Siberia di Rusia menyebrang melalui selat Bering ke benua Amerika. Kemudian disusul bangsa Mongol awal abad ke- 1 masehi, perpaduan antara bangsa Amurian dan bangsa Mongol tersebut lahirlah bangsa Indian Amerika yang menyebar diseluruh benua Amerika dari Utara ke Selatan, mereka hidup dari berburu, menangkap ikan, mengumpulkan makanan dan buah-buahan liar.
Gambar: Bangsa Mongol melalui selat Bering ke Benua Amerika
dan dari New Zelan berlayar melewati samudera Pasifik
Bangsa Indian yang tersebar dan berkembang di benua Amerika terdiri dari berbagai suku bangsa. Diantaranya suku-suku bangsa Indian tersebut seperti suku Aztek dan suku Maya di Meksiko dan suku Inca di Peru yang telah mengenal kebudayaan dan peradaban yang tinggi.

Kata Kunci
#Asal-usul nenek moyang bangsa Indian.
#Peradaban bangsa Indian; Aztec, Maya dan Inca.

0 Response to "Sejarah Peradaban Bangsa Amerika"

Posting Komentar