Sejarah Perang Tondano

Pengertian Perang Tondano
Perang Tondano yang terjadi pada tahun 1808 sampai 1809 adalah perang yang melibatkan orang-orang Minahasa di Sulawesi Utara dengan pemerintah kolonial Belanda pada permulaan abad 19. Perang Tondano terjadi akibat dari pelaksanaan politik pemerintah kolonial Hindia Belanda oleh para pejabatnya di Minahasa, terutama pada upaya mobilisasi pemuda untuk dilatih menjadi tentara Belanda.

Gambar. Tugu Korengkeng Sarapung
Sumber. http://4.bp.blogspot.com/_81yQhTG98Ao/TFOCtUh19sI/AAAAAAAABIg
/PBW97jEKUUU/s1600/3970210151_a41cfd8624.jpg

Pada hakekatnya perang Tondano adalah perang patriotik dari rakyat Minahasa melawan kolonial Belanda yang terjadi dalam dua tahap yakni perang Tondano 1 dan perang Tondano 2.

Latar Belakang Perang Tondano
Perang Tondano dikenal dalam dua tahap. Perang Tondano I terjadi pada masa kekuasaan VOC. Ketika kedatangan bangsa Barat orang-orang Spanyol di tanah Minahasa (Tondano) Sulawesi Utara. Disamping berdagang orang-orang Spanyol juga menyebarkan agama Kristiani. Tokoh yang berjasa dalam menyebarkan agama Kristen di tanah Minahasa ialah Fransiscus Xaverius.

Hubungan dagang orang-orang Spanyol dan orang Minahasa terus berkembangan. Namun, mulai abad ke 17 hubungan dagang antara orang-orang Spanyol dengan orang-orang Minahasa mulai terganggu dengan kedatangan pedagang orang-orang VOC.

Sumber Bahan Ajar
  • Kemendikbud. 2014. Sejarah Indonesia. Kemdikbud : Jakarta


***

1 Response to "Sejarah Perang Tondano"