Alasan Pemerintahan Hindia Belanda Melaksanakan Tanam Paksa

Soal Sejarah Indonesia
Mengapa pemerintahan Hindia Belanda melaksanakan Tanam Paksa?

Pembahasan

Gambar Keadaan Penduduk Pribumi pada Tanam Paksa
Sumber. daerah.sindonews.com
 
Kondisi tanah jajahan dalam kondisi kritis, kas negara di negeri induk pun kosong. Hal ini disebabkan karena dana banyak yang tersedot untuk membiayai perang di tanah jajahan. Pada kondisi ini, pemerintahan Hindia Belanda bisa disebut dalam keadaan diujung tanduk kebangkrutan.

Untuk mengatasi itu pemerintah Hindia Belanda mengambil kebijakan Tanam Paksa. Sistem Tanam Paksa pertama kali diinisiasi oleh Johannes Van den Bosch, ia mengajukan kepada raja Belanda suatu usulan yang berkaitan dengan sistem dan cara melaksanakan politik kolonial Belanda di Hindia. 

Menurut Van den Bosch, untuk memperbaiki ekonomi di negeri Belanda, ditanah jajahan harus dilakukan penanaman tanaman yang dapat laku dijual di pasar dunia. Sesuai dengan keadaan di negeri jajahan, maka sistem penanaman harus dikembangkan dengan memanfaatkan kebiasaan kaum pribumi yaitu dengan "kerja rodi". Oleh karena itu, penanaman yang dilakukan para petani itu bersifat wajib.

Van den Bosch menggunakan prinsip bahwa daerah jajahan itu fungsinya sebagai tempat mengambil keuntungan bagi negeri induk. Diibaratkan oleh Baud, Jawa adalah "gabus tempat Nederland mengapung". Jadi dengan kata lain Jawa harus dieksploitasi semaksimal mungkin untuk keuntungan negeri penjajah. ***

0 Response to "Alasan Pemerintahan Hindia Belanda Melaksanakan Tanam Paksa"

Posting Komentar