Asal Kata Syajaratun dan Artinya


Syajaratun yang merupakan asal kata dari sejarah memiliki arti . . .
a. Pohon
b. Cerita
c. Ranting
d. Waktu
e. Kejadian

Pembahasan

Gambar. Pohon
Sumber. arbordayblog.org

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mengenal kata sejarah. Kata sejarah sering dipahami oleh masyarakat secara umum sebagai sesuatu hal yang berkaitan dengan peristiwa pada masa lampau.

Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, yaitu Syajaratun, yang berarti pohon kayu. Pohon dalam pengertian ini merupakan suatu simbol, yaitu simbol kehidupan. Di dalam pohon terdapat bagian-bagia seperti batang, ranting, daun, akar dan buah.

Pada bagian-bagian dari pohon itu memiliki hubungan yang saling terkait dan membentuk pohon tersebut menjadi hidup. Ada dinamika yang bersifat aktif, tidak pasif. Dinamika ini terus menerus terjadi beriringan dengan waktu dan ruang di mana kehidupan itu ada. 

Dengan adanya lambang pohon itu, dapat menunjukkan adanya suatu pertumbuhan dan perkembangan. Jika kita kaitkan pengertian syajaratun dengan kehidupan manusia, dapat mengandung arti bahwa manusia itu hidup terus bergerak tumbuh seiring perjalanan waktu dan temat atau ruang diaman dia berada.

Kehidupan bukanlah sesuatu yang diam atau statis, tetapi sesuatu yang terus menerus tumbuh dan berkembang. Sebagai contoh, manusia dalam kehidupannya mengalami fase-fase tertentu, yaitu fase di dalam kandungan, lahir, bayi, dan anak-anak, remaja dan akhirnya orang tua.

Demikianlah ulasan mengenai arti dari kata syajaratun yang berasal dari bahasa Arab.

Kunci Jawaban
a. Pohon

Kata Kunci
#Syajaratun #Arti Kata Syajaratun

0 Response to "Asal Kata Syajaratun dan Artinya"

Posting Komentar