Sejarah Perjanjian Linggarjati

Perjanjian Linggarjati dilaksanakan di Kota Linggarjati sebelah Barat kota Cirebon, Jawa Barat pada tanggal 10-15 November 1946 antara Indonesia dengan Belanda. Hasil Perundingan Linggarjati diumumkan tanggal 15 November 1946 di Istana Merdeka.

Gambar. Gedung Perundingan Linggarjati

Latar Belakang Perjanjian Linggarjati
Dilansir dari buku A History of Modern Indonesia Since c. 1300 (2008) karya MC Ricklefs, Perundingan Linggarjati terjadi karena Jepang menetapkan status quo di Indonesia, menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda yang salah satunya ditandai peristiwa 10 November di Surabaya.

Baca Juga:
[] Sejarah Perundingan Renville

Pemerintah Inggris selaku penanggung jawab mengundang Indonesia dan Belanda untuk melakukan perundingan di Hooge Veluwe. Namun, perundingan itu gagal karena Indonesia meminta Belanda mengakui kedaulatan atas Pulau Jawa, Sumatera dan Madura. Sedangkan, Belanda hanya mau mengakui Indonesia atas Pulau Jawa dan Madura saja.

Hasil Perjanjian Linggarjati
Perjanjian Linggarjati menghasilkan beberapa poin dan pasal, yaitu:
1. Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia yaitu Jawa, Sumatera dan Madura.
2. Belanda harus meninggalkan wilayah Republik Indonesia selambat-lambatnya tanggal 1 Januari 1949.
3. Belanda dan Indonesia sepakat membentuk negara Republik Indonesia Serikat.
4. RIS harus bergabung dengan negara-negara persemakmuran di bawah naungan Kerajaan Belanda (Ide Anak Agung Gde Agung, Persetujuan Linggarjati, 1995:164)

Isi kesepakatan Linggarjati tentu sangat merugikan Indonesia, artinya Indonesia masih tetap menjadi bawahan kerajaan Belanda dan terjdi pro-kontra. Pilihan ini terpaksa harus diambil para petinggi pemerintahan kala itu mengingat perjuangan melalui jalan diplomasi merupakan pilihan utama, sebab belum cukup kuatnya angkatan perang yang dimiliki pemerintah.

Sumber Rujukan
1. Gunanto, Adi. 2018. Sejarah Indonesia SMK/MAK. Jakarta: Bumi Aksara. Hal. 135
2. Wikipedia. Perundingan Linggarjati. Diakses dari halaman https://id.wikipedia.org/wiki/Perundingan_Linggarjati
***

1 Response to "Sejarah Perjanjian Linggarjati "