Ciri-Ciri Globalisasi

Soal Sejarah Peminatan Kelas XII
Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri globalisasi!

Jawaban
Pengertian Globalisasi
Globalisasi atau dalam bahasa Inggris disebut globalization atau globe, artinya mendunia atau bola dunia. Berdasarkan asal bahasanya, globalisasi berusaha mengupayakan keadaan politik, ekonomi, sosial dan budaya yang bersifat lokal menjadi berskala dunia atau internasional.

Pengertian Globalisasi


Globalisasi juga dapat didefenisikan sebagai proses menyatunya masyarakat dunia yang bersifat umum atau global. Globalisasi memberikan gambaran bahwa masyarakat semakin menyatu dalam pola hubungan yang semakin erat.

Dengan globalisasi menjadikan seluruh bangsa dan negara di dunia semakin terikat satu sama lain untuk mewujudkan suatu tatanan kehidupan baru tanpa adanya batas-batas geografis, ekonomi, serta budaya masyarakat.

Ciri-Ciri Globalisasi
Ciri-ciri globalisasi secara umum dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Ditinjau dari aspek kultural, globalisasi semakin meningkatkan interaksi kultural melalui perkembangan media massa seperti televisi, internet, film, musik maupun berita skala internasional.
2. Ditinjau dari aspek geografis, yaitu adanya perubahan dalam ruang gerak dan waktu. Hal ini ditandai dengan semakin menipisknya jangkauan geografis suatu wilayah yang dapat ditempuh dalam waltu singkat.
3. Ditinjau dari aspek ekonomis, globalisasi telah memunculkan aktor-aktor transnasional seperti perusahaan multinasional yang berkembang di berbagai negara. 

Dekikian pengertian globalisasi dan ciri-ciri globalisasi. ***


0 Response to "Ciri-Ciri Globalisasi"

Posting Komentar