Foto selfie di tepi jurang termasuk ciri sosiologi yang mana

Soal sosiologi kelas 12
Seorang peneliti mengamati penyebab munculnya kegemaran masyarakat melakukan selfie di tempat ekstrem. Ciri sosiologi yang tercermin pada ilustrasi tersebut adalah... 
A. Nonetis 
B. kumulatif 
C. konseptual 
D. teoritis 
E. empiris

Pembahasan dan kunci jawaban
Gambar foto selfie di tepi jurang


Salah satu tokoh sosiologi asal Rusia yaitu pitirim alexandrofvic sorokin menjelaskan Sosiologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang hubungan serta kaitanya dengan berbagai fenomena sosial. 

Sementara itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Sosiologi merupakan pengetahuan atau ilmu tentang sifat, perilaku, dan perkembangan masyarakat atau ilmu tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahannya.

Setelah mengetahui pengertian sosiologi maka kamu juga perlu mengetahui ciri-ciri sosiologi. Berikut ini ciri-ciri sosiologi. 
1. Sosiologi bersifat kumulatif
Yang dimaksud Sosiologi bersifat kumulatif Berarti sosiologi ini disusun atas dasar teori yang telah ada, kemudian diperbaiki, serta di perluas untuk memperkuat teori terdahulu.

2. Sosiologi bersifat empiris
Ciri-ciri sosiologi lainnya ialah sosiologi itu bersifat empiris yang berarti sikap sosialisasi akan mendasar pada observasi serta akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif. Artinya sosiologi itu juga merupakan ilmu yang nyata yang didasarkan pada fakta yang logis bukan berdasarkan pada ilmu imajinasi atau khayalan. 

3. Sosiologi bersifat non etis
Ciri sosiologi yang bersifat non etis artinya pembahasan masalah dalam sosiologi tidak memperdebatkan tentang baik atau buruknya namun lebih berfokus pada penjelasan secara mendalam tentang Bagaimana suatu permasalahan itu kemudian dapat terjadi di lingkungan sosial.

4. Sosiologi bersifat teoritis
Sosiologi bersifat teoritis Berarti ilmu sosiologi itu disusun kemudian akan berdasarkan data serta hasil observasi yang lebih akurat. 

Jadi berkaitan dengan soal seorang peneliti yang mengamati penyebab munculnya kegemaran masyarakat melakukan selfie di tempat ekstrem merupakan ciri sosiologi yang tercermin pada ilustrasi non etis. 

Maka kunci jawabannya adalah a. non etis



0 Response to "Foto selfie di tepi jurang termasuk ciri sosiologi yang mana"

Posting Komentar