Sungai dan Peradaban Manusia

Manusia dalam melangsungkan hidupnya tidak bias melepaskan diri dari lingkungan alam tempat ia menetap. Tinggi rendahnya tingkat peradaban atau kebudayaan suatu bangsa dikaitkan dengan kemampuan mereka untuk mengolah dan memanfaat alam lingkungannya.

Salah satu factor penting yang berhubungan dengan lahir dan berkembangnya peradaban manusia ialah sungai. Di Asia dan Afrika peradaban tertua di dunia tumbuh dan berkembang di lembah-lembah sungai, seperti misalnya lembah sungai Indus, lembah Sungai Kuning, lembah Sungai Nil, lembah Sungai Tigris, dan Lembah Sungai Eufrat.

Lembah sungai yang selaludilanda banjir pada waktu tertentu membawa dua akibat yang bertentangan bagi kelangsungan hidup manusia yang menetap disekitarnya. Akibat pertama adalah penderitaan dan akibat kedua adalah kesuburan tanah atau kemakmuran.

Banjir yang selalu merusak sawah lading menyebabkan penduduk lembah sungai berusaha mencari jalan untuk mengatasinya. Secara berangsur akhirnya mereka dapat menanggulangi banjir. Tantangan alam itu menyebabkan berkembangnya peradaban manusia demi kelangsungan hidupnya. *

0 Response to "Sungai dan Peradaban Manusia"

Posting Komentar