Penemu Telepon dan Sejarahnya

Pengertian Telepon
Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya (Wikipedia).

Telepon berasal dari bahasa Yunani yaitu terdiri dari buah kata yaitu tele yang berarti jauh, dan phone berarti bunyi. Telepon merupakan pesawat atau alat penerima getaran bunyi dari jarak jauh. Pengertian teleon dalam kehidupan sehari-hari mengandung pengertian mikrofon dan telepon. Mikrofon berfungsi sebagai pengirim suara (yang menghadap mulut), sedangkan telepon berfungsi yang menerima suara (yang menempel pada telinga) (shvoong).

Penemu Telepon
Saat ini komunikasi antar manusia makin mudah karena udah ada fasilitas telepon yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Lalu siapa tokoh yang paling berjasa dibalik penemuan telepon? Dia adalah Alexander Graham Bell yang pertama kali menemukan alat komunikasi ini. 
Gambar. Alexander Graham Bell
Sumber. 2bp.blogspot.com/

A. G. Bell lahir pada tanggal 3 Maret 1847 di Edinburg, Scotland. Bell berasal dari keluarga yang sangat mementingkan pendidikan. Ayahnya adalah seorang psikolog dan elocution bernama Alexander Melville Bell, sedangkan kakeknya Alexander Bell merupakan seorang elucution professor.

Sejarah Penemuan Telepon
Gambar. Contoh Salah Satu Telepon
Sumber. 2bp.blogspot.com/

A. Graham Bell mengungkapkan keinginannya untuk menciptakan suatu alat komunikasi dengan transmisi gelombang listrik. Bell pun mengajak temannya Thomas Watson untuk membantu menyediakan perlengkapannya. Penelitiannya dilakukan dengan menggunakan alat pengatur suara dan magnet untuk menghantarkan bunyi yang akan dikirimkan, peristiwa ini terjadi pada tanggal 2 Juni 1875.

Akhirnya terciptalah karya Bell sebuah pesawat penerima telepon dan pemancar yang bentuknya berupa sebuah piringan hitam tipis yang dipasang di depan electromagnet. Baru pada tanggal 14 Februari 1876. Bell mematenkan hasil penemuannya, tapi oleh US Patent Office penemuan Bell ini baru resmi dipatenkan pada tanggal 7 Maret untuk “electric speaking telephone”.

Bell terus memperbarui penemuannya dan untuk pertama kalinya dia berhasil mengirimkan suatu kalimat berbunyi “Watson, come here, I want you” pada tanggal 10 Maret 1876.
 

Jenis-Jenis Telepon
Telepon berdasarkan jaringannya setidaknya dikelompokkkan menjadi 3 , yaitu telepon kabel, seluar, dan telepon internet.

1. Telepon Kabel

Sebagian orang masih mengenal Alexander Graham Bell (1847 – 1922) sebagai penemu telepon asal AS. Padahal sejak kongres AS pada 2002 ada ralat bahwa penemu telepon sesungguhnya adalah Antonio Santi Guisppe Meucci, atau kerap disebut Antonio Meucci.
Berdasarkan catatan sejarah Antonio menemukan sound telegrap , yaitu peralatan komunikasi dalam bentuk suara di antara dua orang menggunakan perantara kabel tahun 1871. Terlepas dari perdebatan siapa penemu telepon, singkatnya pada tahun 1971 perusahaan telekomunikasi diizinkan mengembangkan system komunikasi untuk kepentingan bisnis. Hasilnya, berjuta – juta saluran telepon kabel digunakan masyarakat.

2. Telepon Selular

Telepon selular (ponsel) diawali pada tahun 1973, ketika Martin Cooper dari Morola Corp, “menemukan” telepon genggam dengan berat 800 gram ( 1 kg kurang 200 gram). Berat ponsel itu karena ukuran baterai yang besar untuk keperluan tenaga. Kini ponsel jauh lebih ramping dan tipis. Teknologi yang digunakan sudah memasuki generasi keempat (4G). Teknologi yang menawarkan pendekatan yang menggabungkan teknologi nirkabel, wireless, LAN, Bluetooth, dll.



3. Telepon IP

Telepon IP (Internet Protocol) dikembangkan VocalTec sejak 1995. VocalTec merintis pasar telepon IP dengan suatu perangkat lunak (software) untuk menghubungkan koneksi suara di antara dua computer melalui jaringan internet. Syarat dasar penggunaan telepon jenis ini adalah computer yang terhubung ke internet dengan piranti lunak khusus. Salah satu piranti lunak yang terkenal adalah Skype (kusdiyono).
    

Tata Cara Menerima Telepon
Bagaimana cara menerima telepon dengar benar, berikut cara menerima telepon dengan baik dan benar.
  • Angkat gagang telepon dengan tangan kiri.
  • Ucapkan salam kepada si Penelepon.
  • Menanyakan maksud dari si Penelepon.
  • Menjelaskan maksud atau tujuan si Penelepon dengan jelas, singkat, dan mudah di mengerti.
  • Setelah si Penelepon merasa cukup atas informasi yang kita berikan, maka menanyakan kembali apakah masih ada yang bisa di bantu.
  • Jika tidak, ucapkan salam penutup dengan sopan dan mengucapkan terima kasih.
  • Letakkan gagang telepon dengan benar.
Demikian ulasan tentang penemu telepon dan sejarahnya. Salam Jas Merah! ***
 

1 Response to "Penemu Telepon dan Sejarahnya"

  1. mereka adalah orang orang yang patut untuk ditiru semangatnya

    BalasHapus