Perang Spanyol-Amerika 1898

Perang Amerika Serikat dengan Spanyol sangat singkat.
Hasilnya banyak, mengejutkan, dan makna dari seluruh dunia.
---Henry Cabot Lodge

Perang Spanyol-Amerika ialah konflik yang terjadi antara Spanyol dan Amerika Serikat antara 25 April sampai 12 Agustus 1898. Perang ini terjadi karena Amerika Serikat melakukan campur tangan atas isu politik luar negeri di Koloni Spanyol (Wikipedia).

Sebuah konflik antara Spanyol dan Amerika Serikat yang mengakibatkan perang karena Spanyol menolak tuntutan AS untuk menyelesaikan perang kemerdekaan Kuba. Perang ini berakhir dengan kemenangan AS dan Perjanjian Paris (Desember 1989), yang memberikan AS menguasai wilayah Spanyol seperti Puerto Rico, Filipina, dan Guam (Umair).


Isu politik di Kuba berkembang menjadi konflik global setelah armada Amerika berusaha mengusir Spanyol dari koloninya di Karibia dan Pasifik Selatan. Amerika Serikat mendirikan pemerintahan sementara di Kuba dan mengambil kendali atas koloni Spanyol di Puerto Riko, Guam dan Filipina melalui Traktat Paris 10 Desember 1898. Bagi Spanyol, konflik ini disebut sebagai "Bencana" yang melemahkan Pemerintahan Restorasi. Amerika Serikat sendiri yang memenangkan perang ini berhasil memperoleh jajahan baru (Ibid).

Latar Belakang
Setelah 4 tahun kolonisasi daerah Barat, pada akhir abad ke 19, Spanyol hanya memiliki sedikit daerah jajahan di wilayah samudera Pasifik, Afrika dan India Barat. Kebanyakan daerah jajahan Spanyol sudah merdeka dan daerah yang masih dijajah spanyol berusaha melakukan hal yang sama. Pasukan gerilyawan beraksi di Filipina, dan juga di Kuba tahun 1868-1878 dalam perang yang disebut perang 10 Tahun. Orang Spanyol juga mengeksekusi orang yang dianggap pemberontak dan simpatisannya. Perang Kuba menuju kemerdekaan dilihat baikpun orang Kuba maupun tentara Spanyol membakar dan menghancurkan infrastruktur, peralatan, dan lain lain yang dapat membantu musuh. Pada tahun 1897, para pemberontak hampir mengalahkan tentara Spanyol. Mereka merebut Kuba di bagian timur. Opini publik di Kuba dikeluarkan di Amerika Serikat, dan ditambah dengan laporan pelanggaran hak asasi manusia oleh Spanyol di Kuba.

Faktor lain yang menjadi alasan perang ini adalah adanya propaganda media cetak Amerika milik William R. Hearst, pada media cetak tersebut menyebutkan bahwa Kapal Perang (The Maine USS) milik Amerika Serikat ditengelamkan oleh Spanyol, sementara penyebab tenggelamnya kapal perang tersebut tidak pernah ditemukan (usmilitary).

Daftar Referensi:
  1. Anonim. Perang Spanyol - Amerika.  http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Spanyol-Amerika. Diakses tanggal 06 Mei 2012.
  2. Umair. Spanish-American War http://www.xtimeline.com/evt/view.aspx?id=104293 Diakses tanggal 06 Mei 2012



1 Response to "Perang Spanyol-Amerika 1898"

  1. Setelah dalam perang kemerdekaan menang lawan Inggris, dan setengah abad kemudian menang perang lawan Perancis, pada 1898 Amerika Serikat mengalahkan Spanyol dalam perang di Kuba, Guam dan Filipina

    BalasHapus