7 Makanan Tradisional Indonesia Terpopuler

Assalamuallaikum warahmatullahi wabarokatu...

Selamat tahun baru hijrah 1434, mulailah dari yang baik! karena hijrah mempunyai makna yang lebih luas dari sekedar berpindah.

Oke, kali ini kita akan melihat 7 jenis makanan tradisional asli indonesia, yang tak diragukan lagi kelezatannya.

berikut 7 jenis makanan tradisional asli indonesia;

1. Bakso
Makanan bakso yaitu makanan khas asli indonesia yang berbentuk bulat, biasa disebut "daging bola" karena bentuknya yang bulat menyerupai bola pimpong dan didalamnya biasa berisi daging sapi.


Baskso umumnya terbuat dari daging sapi giling yang dicampur oleh tepung tapioka dan dibentuk bulat-bulat biasanya sebesar bola pimpong. Selain daging sapi, biasanya juga dipakai daging ayam, ikan atau udang.

2. Batagor


Hayoo.., udah pada tahu belom batagor? batagor singkatan dari bakso, tahu goreng. Makanan tradisional ini berasal dari Sunda, dan saat ini sudah menyebar hampir diseluruh wilayah Indonesia. Batagor dibuat dari tahu yang di isi dengan bakso dan dibungkus oleh tepung lalu digoreng. Biasanya makanan ini disajikan dengan bumbu kuah kacang.

3. Sate


Sate bisa dibilang sebagai makanan nasional, karena jenis makanan ini sudah dikenal di nusantara hingga mancanegara. Sate menurut asalnya berasal dari  pulau jawa, makanan sate mulai terkenal pada permulaan abad 19.

Jajanan sate terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk ke lidi (tulang daun kelapa) atau bambu, yang kemudian dibakar dengan menggunakan bara arang kayu atau tempurung kelapa. Daging yang biasanya dipakai adalah daging sapi, kambing, ayam, ikan, domba, dan lainnya.

4. Pempek


Pempek atau empek-empek, merupakan makanan tradisional berasal dari daerah Sumatera Selatan. Makanan ini terbuat dari tepung sagu dan ikan, lalu digoreng. Biasanya makanan ini disajikan dengan saus berwarna coklat. Saus ini dibuat dari gula merah, udang kering, cabe rawit, bawang dan garam. Orang palembang biasa menyebut saus ini dengan cuka. Pempek yang paling terkenal adalah Pempek Kapal Selam, yang terbuat dari telur yang dilapisi adonan pempek, kemudian digoreng.

5. Nasi Goreng


Hm... siapa yang tak kenal dengan masakan satu ini, masakan ini hampir dapat dijumpai diseluruh wilayah Indonesia. Masakan khas satu ini dibuat dari nasi putih yang digoreng dengan minyak atau margarin, dicampuri bumbu seperti cabe, saus, seledri, dan bumbu-bumbu lainnya. Masakan ini akan lebih nikmat jika ditambahi makanan dari laut, seperti udang atau kepiting.

Sangking populernya makanan satu ini, pernah di adakan poling 50 makanan terlezat di dunia yang di adakan oleh CNN International di tahun 2011, yang hasilnya menempatkan Nasi Goreng sebagai makanan terlezat nomor 2 setelah rendang.

6. Rendang


Jenis masakan yang berasal dari Minangkabau ini pernah di klaim oleh negara tetanga (Red, Malaysia) adalah rendang. Masakan rendang sangat terkenal kelezatannya, hampir diseluruh rumah makan minangkabau bisa dijumpai masakan khas ini.

Bahan utama rendang terbuat dari daging dan santan, serta bumbu rempah-rempah lainya. Proses pemasakan rendang ini bisa berjam-jam biasanya 4-5 jam, sehingga perlu kesabaran untuk memasak makanan satu ini.

Rendang pernah dinobatkan sebagai masakan nomor satu dari 50 Makanan Terlezat di Dunia oleh lembaga poling CNN International di tahun 2011. Pantas ada yang mengklaim habis lezat sih... ^_^"

7. Tiwul


Guys... makanan tradisional terpopuler lainnya adalah Tiwul. Makanan ini terbuat dari gaplek (singkong yang dikeringkan), saat ini tiwul merupakan makanan khas gungung kidul. Tiwul biasanya identik dengan kemiskinan ^_^" karena dizaman londo (belanda) makanan ini merupakan makanan buru-buruh kompeni. Tapi sekarang ini imej itu berhasil menggeser batas gengsi.

Itulah ketujuh makanan khas tradisionaol Indonesia yang populer dijumpai versi saya guys..., ^_^"

0 Response to "7 Makanan Tradisional Indonesia Terpopuler"

Posting Komentar