Lambang Propinsi Kalimantan Selatan dan Penjelasannya

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya adalah Banjarmasin.

Provinsi ini mempunyai 11 kabupaten dan 2 kota. DPRD Kalimantan Selatan dengan surat keputusan No. 2 Tahun 1989 tanggal 31 Mei 1989 menetapkan 14 Agustus 1950 sebagai Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan. Tanggal 14 Agustus 1950 melalui Peraturan Pemerintah RIS No. 21 Tahun 1950, merupakan tanggal dibentuknya provinsi Kalimantan, setelah pembubaran Republik Indonesia Serikat (RIS), dengan gubernur Dokter Moerjani. Penduduk Kalimantan Selatan berjumlah 3.626.616 jiwa (2010).

Kawasan Kalimantan Selatan pada masa lalu merupakan bagian dari 3 kerajaan besar yang pernah memiliki wilayah di daerah ini, yakni Kerajaan Negara Daha, Negara Dipa, dan Kesultanan Banjar.

Gambar. Lambang Propinsi Kalimantan Selatan
Sumber.Upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/lambang_provinsi_kalimantan_selatan.gif

Lambang daerah memiliki makna tertentu, termasuk propinsi Kalimantan Selatan. Pada propinsi Kalimantan Selatan lambang daerahnya berbentuk perisai yang terdiri atas enam bagian sebagai berikut:

1. Perisai dengan warna merah dan hijau
Ada dua perisai yang berbeda warna, yaitu perisai berwarna merah dan perisai berwarna hijau pada bagian sisi tiap perisai berwarna kuning. Pada bagian perisai ini memiliki makna sebagai berikut:
  • Perisai merupakan alat penangkis dan bertahan. Perisai juga melambangkan kewaspadaan dan kesanggupan mempertahankan diri masyarakat Kalimantan Selatan. 
  • Perisai berwarna merah melambangkan keberanian dan kepahlawanan yang gagah perkasa, berjiwa hidup dan dinamis. 
  • Perisai berwarna hijau melambangkan kesuburan dan harapan bagi propinsi Kalimantan Selatan pada masa yang akan datang. 
  • Sisi warna kuning melambangkan bahwa penduduk Kalimantan Selatan mempunyai kepribadian dan kerohanian yang luhur. Semua penduduk memiliki keyakinan penuh dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Intan berwarna putih berkemilau memancar
  • Intan melambangkan penghasilan daerah Kalimantan Selatan yang sudah terkenal luas. Simbol intan merupakan lambang sumber mata pencaharian sebagaian penduduk daerah Kalimantan Selatan. 
  • Warna putih berkilau yang memancar merupakan lambang bahwa penduduk Kalimantan Selatan apabila dipimpin dengan sungguh-sungguh akan menjadi cerdas sehingga mampu mencapai kemajuan. Dengan demikian penduduk akan sanggup melaksanakan pembangunan menuju kemuliaan dan keagungan bangsa Indonesia.
3. Bintang Berwarna Kuning Emas
Melambangkan ke-Tuhanan Yang Maha Esa dan perlambang keyakinan bahwa Tuhan mengetahui segala-galanya tanpa ada yang tersembunyi bagi-Nya;

4. Rumah Banjar Berwarna Hitam
  • Rumah, berbentuk bangunan spesifik Kalimantan Selatan asli, melambangkan suatu unsur kebudayaan yang dapat dibanggakan. 
  • Warna Hitam, melambangkan bahwa penduduk Kalimantan Selatan mempunyai kebulatan tekad dan keunggulan menuju kearah pelaksanaan Pembangunan Nasional Semesta Berencana.

5. Buah Padi dan Batang Karet 
Melambangkan bagian terbesar dari penghasilan dan sumber kehidupan bagi penduduk Kalimantan Selatan. 

Buah padi sebanyak 17 [tujuh belas] buah, intan dengan 8 [delapan] pancaran dan Batang Karet sebanyak 1 [satu] pohon dengan bergaris 9 [sembilan] yang tersusun 4 [empat] di sebelah kiri dan 5 [lima] di sebelah kanan adalah merupakan susunan angka 17-8-1945, angka ini melambangkan bahwa penduduk Kalimantan Selatan tetap setia dan tetap Teguh mendukung Proklamasi 17-8-1945.

6. Pita Warna Putih
Melambangkan bahwa penduduk Kalimantan Selatan sanggup mengikat apa yang dirasakan kesucian dan keikhlasan hati untuk berbuat secara jujur dan bertanggung jawab dengan disertai semanggat kerja sama dan gotong royong.

Tulisan berupa semboyan “WAJA SAMPAI KAPUTING“, melambangkan bahwa penduduk Kalimantan Selatan telah tekun dalam bekerja melaksanakan segala sesuatunya dengan penuh rasa kesanggupan dan konsekwen tanpa berhenti ditengah jalan.

Demikianlah tulisan tentang Lambang Propinsi Kalimantan Selatan dan Maknanya. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.

Daftar Referensi
Pada tulisan ini admin menggunakan berbagai sumber, sebagai berikut:
  1. Prastowo, Tammi. 2008. Selayang Pandang Kalimantan Selatan. PT. Intan Pariwara: Klaten 
  2. M. Alie Yusron Zakaria. Arti Makna Lambang. Di akses dari halaman
    https://malieyusronzakaria.wordpress.com/category/arti-makna-lambang/ pada tanggal 11 September 2018 
  3. Ardilamadi. Propinsi Kalimantan Selatan. Diakses dari laman http://ardilamadi.blogspot.com/?m=1pada tanggal 11 September 2018

Kata Kunci
Propinsi Kalimantan Selatan, Ibu Kota Kalimantan Selatan, Geografis Kalimantan Selatan, Sejarah Indonesia.

oOo

0 Response to "Lambang Propinsi Kalimantan Selatan dan Penjelasannya"

Posting Komentar