Pola Kehidupan Nomaden Manusia Purba

Pola Kehidupan Nomaden Manusia Purba

Soal Sejarah Indonesia Kelas X
Jelaskan pola kehidupan nomaden manusia purba!

Gambar. Ilustrasi Manusia Pra-Aksara Sedang Berburu
Sumber.https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicTHkAfFZO5T6jTI0By-hoOs0_bjGDxBItXYx0WVfDjqgqitIBXgRnBCjLUp0czfN9wkBiv3kRof0gV3FwqUI1ywP2BoO6OnFQ2-4dK55a1ctfz30eDFZVMeWofTbeNIHJUK6daA5rPNk/s1600/pembababakan+praaksara+berdasar+ciri+kehidupan+masyarakat.jpg

Jawaban
Manusia pra aksara pada mulanya hidup dengan cara berburu dan meramu makanan. Hidup mereka tengantung oleh alam. Untuk mempertahankan hidupnya manusia pra aksara hidup berpindah-pindah atau disebut juga dengan pola nomaden. Alat-alat yang digunakan juga sangat sederhana. Mereka banyak tinggal di aliran sungai, danau dan sumber air lainnya.

Masa berburu dan meramu makanan disebut dengan masa Food Gathering. Pada masa ini manusia pra aksara hanya mengumpulkan dan menyeleksi makanan, karena belum dapat mengusahakan jenis tanaman untuk dijadikan bahan makanan. Dalam perkembangannya mulai ada sekelompok manusia pra aksara yang bertempat tinggal sementara di goa-goa atau tepi pantai.

Pada masa peralihan Mesolitikum ke Neolitikum terjadi revolusi kebudayaan dari Food gathering menuju food producing. Pada masa ini manusia pra aksara tidak hanya sekedar mengumpulkan makanan namun juga mencoba memproduksi makanan dengan cara menanam. Kegiatan bercocok tanam mulai mereka lakukan ketika sudah mengenal tempat tinggal.

Demikian pola kehidupan nomaden pada manusia purba atau pra aksara. Semoga bermanfaat. Salam Jas Merah! ***

0 Response to "Pola Kehidupan Nomaden Manusia Purba"

Posting Komentar