Istilah Pra-Aksara Lebih Tepat Dibandingkan dengan Istilah Prasejarah

Soal Sejarah Indonesia Kelas X
Mengapa istilah pra-aksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?

Sumber Gambar.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinij5PSkHFtUwrfNDp5gIJqAV7CDBwFXg9Q01nw0Q32WLRYPHlirveM26B3xsqQqgD0C5niMr4_uMO9BHK_GUkUe_VtJAMdRuouR_cGlg9Pn1yoXkJaItA4d9US36dV3C11B-RWRXtOBI/s640/Pra+Sejarah++Pengertian+Masa+Pra+Aksara+di+Indonesia+%2528Pelajaran+IPS+SMP+MTs+Kelas+VII%2529.jpg

Jawaban
Praaksara adalah istilah baru untuk menggantikan istilah prasejarah. Penggunaan istilah prasejarah untuk menggambarkan perkembangan kehidupan dan budaya manusia saat belum mengenal tulisan adalah kurang tepat. Karena pra berarti sebelum dan sejarah adalah sejarah sehingga prasejarah berarti sebelum ada sejarah.

Sebelum ada sejarah berarti sebelum ada aktivitas kehidupan manusia. Dalam kenyataannya sekalipun belum mengenal tulisan, makhluk yang dinamakan manusia sudah memiliki sejarah dan sudah menghasilkan kebudayaan. Oleh karena itu, para ahli mempopulerkan istilah pra aksara untuk menggantikan istilah prasejarah.

Pra aksara berasal dari dua kata, yaitu pra yang berarti sebelum dan aksara berarti tulisan. Dengan demikian zaman pra aksara adalah zaman sebelum mengenal tulisan. Selain istilah pra aksara, ada istilah lain untuk menggambarkan zaman sebelum menganl tulisan yaitu nirleka. Nir berarti tanpa dan leka berarti tulisan.

Demikian jawaban mengenai mengapa istilah pra aksara lebih tepat jika dibandingkan prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. ***

0 Response to "Istilah Pra-Aksara Lebih Tepat Dibandingkan dengan Istilah Prasejarah"

Posting Komentar