Pertempuran Surabaya

Pertempuran Surabaya atau dikenal juga dengan aksi heroisme arek-arek Suroboyo merupakan pertempuran yang terjadi antara tentara dan milisi pro-kemerdekaan Indonesia dengan tentara Britania Raya dan India Britania. Pertempuran ini bagian dari upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan. Pertempuran ini mengalami puncaknya terjadi pada 10 November 1945

Kedatangan Sekutu

Setelah kekalahan pihak Jepang, rakyat dan pejuang Indonesia berupaya melucuti senjata para tentara Jepang. Maka timbullah pertempuran-pertempuran yang memakan korban di banyak daerah. Ketika gerakan untuk melucuti pasukan Jepang sedang berkobar, tanggal 15 September 1945, tentara Inggris mendarat di Jakarta, kemudian mendarat di Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945.

Tentara Inggris datang ke Indonesia tergabung dalam AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) atas keputusan dan atas nama Blok Sekutu. Khusus untuk wilayah Surabaya, Sekutu menempatkan Brigade 49, yaitu bagian dari divisi ke-23 Sekutu. Brigade 49 ini dipimpin oleh Brigjen A.W.S Mallaby.

Kedatangan pasukan Sekutu pada mulanya tidak disambut baik oleh pemerintah daerah Jawa Timur. Kemudian diadakan kesepakatan antara Gubernur Jawa Timur yaitu R.M.T.A Suryo dengan Brigjen A.W.S Mallaby. Isi kesepakatan antara lain sebagai berikut:
1. Angkatan Perang Belanda tidak akan diikutsertakan oleh Sekutu.
2. Berusaha bekerjasama antara kedua belah pihak untuk menciptakan keamanan bersama-sama.
3. Inggris akan melucuti persenjataan Jepang.

Namun selain itu tentara Inggris yang datang juga membawa misi mengembalikan Indonesia kepada administrasi pemerintahan Belanda sebagai negeri jajahan Hindia Belanda. NICA (Netherlands Indies Civil Administration) ikut membonceng bersama rombongan tentara Inggris untuk tujuan tersebut. Hal ini memicu gejolak rakyat Indonesia dan memunculkan pergerakan perlawanan rakyat Indonesia di mana-mana melawan tentara AFNEI dan pemerintahan NICA.

Referensi

  • Gunanto, Adi. 2018. Sejarah Indonesia SMK/MAK. Jakarta: Bumi Aksara
  • Wikipedia. Diaskes dari laman https://id.wikipedia.org/wiki/Pertempuran_Surabaya

0 Response to "Pertempuran Surabaya"

Posting Komentar