Cara Mengetahui Kehidupan Manusia Sebelum Mengenal Tulisan

[] Soal Sejarah Indonesia Kelas X
Secara metodologis bagaimana kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?

[] Pembahasan


Gambar. Berbagai Jenis Artefak
Sumber. wikipedia.org

Periode ketika manusia belum mengenal tulisan disebut dengan zaman pra-aksara. Masa pra-aksara telah berlangsung sangat lama, bahkan melebihi lamanya ketika manusia sudah mengenal tulisan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui bagaimana kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan kita perlu mengenali tahapan-tahapannya. Sebelum mengenali tahapan-tahapan perkembangan kehidupan dan kebudayaan zaman pra-aksara, kamu harus tahu dulu apa itu pra - aksara.

Pra aksara merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan situasi dimana ketika itu manusia belum mengenal tulisan. Kata ini diambil dari kata pra = belum, dan aksara = tulisan.

Sebelumnya orang menggambarkan istilah ketika manusia belum mengenal tulisan ialah pra sejarah. Kata ini kurang tepat, karena pra = belum, dan sejarah = peristiwa. Artinya pra sejarah ialah sebelum ada peristiwa, meskipun ketika manusia belum mengenal tulisan, berarti sudah ada peristiwa. Itu mengapa istilah pra sejarah kurang tepat untuk menggambarkan masa manusia sebelum mengenal tulisan.

Lalu bagaimana kalau kita ingin melakukan kajian tentang kehidupan zaman pra-aksara. Untuk menyelidiki zaman pra-aksara, para sejarawan harus menggunakan metode penelitian ilmu arkeologi dan juga ilmu alam seperti geologi dan biologi.

Ilmu arkeologi adalah bidang ilmu yang mengkaji bukti-bukti atau jejak tinggalan fisik, seperti lempeng artefak, monumen, candi dan sebagainya. Berikutnya menggunakan ilmu geologi dan percabangannya, terutama yang berkenaan dengan pengkajian usia lapisan bumi, dan biologi berkenaan dengan kajian tentang ragam hayati makhluk hidup.


***

1 Response to "Cara Mengetahui Kehidupan Manusia Sebelum Mengenal Tulisan"


  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus