Sejarah Negara Afganistan

Negara Afganistan, secara resmi bernama Keamiran Islam Afganistan, merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Selatan dan Asia Tengah. Negara ini berbatasan langsung dengan Pakistan di timur dan selatan, Iran di barat, Turkmenistan dan Uzbekistan di utara, Tajikistan dan Tiongkok di timur laut.

Peta Negara Afganistan
Peta Negara Afganistan

Afganistan memiliki luas wilayah 652.000 km² (252.000 sq mi), menjadikannya negara terbesar ke-41 di dunia. Afganistan memiliki populasi sekitar 31,4 juta pada 2020, dengan penduduk yang meliputi 3 kelompok etnik besar, Pashtun, Persia (Tajik, Hazara & Aimak), dan Uzbek. Kabul adalah ibukota dan kota terbesar Afganistan.

Sejarah Awal Afganistan
Nama Afghanistan berasal dari kata Afghanistan. Para Pashtun atau kelompok etnis terbesar di Afganistan tampaknya telah mulai menggunakan istilah Afghanistan sebagai nama untuk diri mereka sendiri dari periode Islam seterusnya. Menurut W.K. Frazier Tyler, M.C. Gillet, dan beberapa sarjana lain, "Kata Afghanistan pertama kali muncul dalam sejarah dalam al-Hudud Alam di 982 AD."

Keadaan Geografi
Afghanistan ialah negeri yang bergunung-gunung, walau ada dataran di utara, dan barat daya. Titik tertinggi di Afghanistan ialah Noshaq dengan ketinggian 7485 m. Sebagian besar negara ini kering, dan pasokan air bersih terbatas. Afghanistan beriklim tanah, dengan musim panas yang panas, dan musim salju yang dingin. Negara ini sering menjadi pusat gempa bumi.

Daftar Presiden Negara Afganistan
1. Muhammad Daoud Khan
Presiden Muhammad Daoud Khan mulai menjabat dari tahun 17 Juli 1973 hingga 27 April 1978. Mohammad Daoud Khan berasal dari Partai Revolusioner Nasional.

2. Abdul Qadir Dagarwal
Presiden Afganistan ini mulai memerintah pada tanggal 27 April 1978 hingga 30 April 1978. Ia memerintah sangat singkat.

3. Nur Muhammad Taraki
NUR Mohammad Taraki adalah seorang politisi Afghanistan yang kemudian menjadi Presiden dan Perdana Menteri (PM) di masa Perang Dingin pada 1978 sampai 1979. Nur Muhammad Taraki merupakan presiden pertama ketika Aganistan masuk pada periode Republik Demokrasi Afganistan dari tahun 1978 - 1987.

4. Hafizullah Amin
Hafizullah Amin adalah Presiden kedua Afganistan selama periode komunis Republik Demokratis Afganistan. Politisi ini berasal dari Partai Rakyat Demokrasi Afganistan (PDPA-Khalq)
5. Babrak Karmal
6. Haji Mohammad Chamkani
7. Mohammad Najibullah
8. Abdul Rahim Hatif
9. Sibghatullah Mojaddedi
Sibghatullah Mojaddedi adalah seorang politikus Afganistan, yang menjabat sebagai Penjabat Presiden setelah jatuhnya pemerintahan Mohammad Najibullah pada bulan April 1992.

10. Burhanuddin Rabbani
11. Hamid Karzai
12. Ashraf Ghani Ahmadzai
13. Amrullah Saleh

Sumber:
  • Anonim. Negara Afganistan. Diakses dari laman: https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Afganistan
  • Profil Baru. Daftar Presiden Afganistan. Diakses dari laman https://profilbaru.com/Daftar_presiden_Afganistan
  • Gambar Peta Negara Afganistan. Diakses dari https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2021/09/02/3761097055.png

0 Response to "Sejarah Negara Afganistan"

Posting Komentar