Soal dan Jawaban Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Halaman 8 Kelas X

Uji Kompetensi Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Halaman 8
1. Mengapa istilah pra-aksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?

2. Secara metodologis bagaimana kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?

3. Mesir mengakhiri zaman pra-aksara sekitar tahun 3000 SM, tetapi di Indonesia baru abad ke-5 M. Mengapa demikian?

4. Apa saja pelajaran yang dapat kita peroleh dari belajar kehidupan pada zaman pra-aksara?

Jawaban
1. Istilah praaksara lebih tepat karena dari kata pra artinya sebelum dan aksara berarti tulisan. Jadi untuk menggambarkan kondisi kehidupan manusia purba yang belum mengenal tulisan adalah pra aksara. Jika kata prasejarah berarti sebelum ada peristiwa masa lalu, kan kurang cocok.

2. Untuk menyelidiki zaman praaksara para sejarawan menggunakan metode penelitian ilmu arkeologi dan juga ilmu alam seperti geologi dan biologi. Ilmu arkeologi adalah bidang ilmu yang mengkaji bukti-bukti atau jejak tinggalan fisik, seperti lempeng artefak, monumen, candi dan sebagainya. Berikutnya menggunakan ilmu geologi dan percabangannya, terutama yang berkenaan dengan pengkajian usia lapisan bumi, dan biologi berkenaan dengan kajian tentang ragam hayati (biodiversitas) makhluk hidup.

3. Mesir adalah sebuah negara yang berada di benua Afrika. Jauh sebelum menjadi negara, di Mesir telah ada peradaban yang sangat maju. Bangsa Mesir dan Mesopotamia sudah lebih dahulu mengenal tulisan sejak 3.000 tahun yang lalu berupa tulisan herioglif. Sementara bangsa Indonesia mengakhiri zaman praaksara dan mulai mengenal tulisan pada awal abad ke 5 masehi dengan ditemukannya tulisan diatas tugu batu yang ditemukan di Kutai, Kalimantan Timur.

4. Pelajaran yang dapat kita ambil dari mempelajari zaman praaksara ialah nenek moyang kita dahulu ternyata sudah memiliki nilai seni yang tinggi meskipun belum mengenal tulisan. Lihat saja hasil kebudayaan yang ditinggalkan pada megalithikum. Seperti bangunan menhir. tentu ini dapat menjadi sebuah inspirasi bagi generasi bangsa Indonesia saat ini.

0 Response to "Soal dan Jawaban Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Halaman 8 Kelas X"

Posting Komentar