Kebijakan VOC Untuk Menstabilkan Harga Penjualan Rempah-Rempah

Soal Sejarah Kelas XI Kebijakan VOC Untuk Menstabilkan Harga Penjualan Rempah-Rempah

Kebijakan ekstirpasi
Kapal VOC Beroperasi di Laut Banda


Untuk menstabilkan harga penjualan suatu komoditas, VOC harus mengatur jumlah produksi komuditas yang beredar di pasaran. Oleh sebab itu, VOC mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi jumlah komoditas yang tumbuh berlebihan dengan cara penebangan paksa. Kebijakan tersebut adalah...

a. hak ekstirpasi
b. preangerstelsel
c. pelayaran hongi
d. hak contingenten
e. verplichte leverantie

Pembahasan

Dalam konsep ekonomi kita mengetahui bahwa jika suatu barang jumlahnya banyak maka harga akan cenderung menurun. Maka untuk mencegah barang melimpah dan harganya tetap tinggi di pasaran, VOC menerapkan kebijakan ekstirpasi, yaitu untuk menebang atau membakar pohon rempah-rempah terutama pala di Maluku saat itu.

Kebijakan ekstirpasi VOC merupakan salah satu kebijakan yang sangat kontroversial dan merugikan masyarakat Maluku pada masa penjajahan Belanda. Kebijakan ini memberikan hak kepada VOC untuk menebang dan memusnahkan tanaman rempah-rempah di Maluku, terutama pala dan cengkih, ketika produksi melebihi batas yang ditentukan oleh VOC.

Tujuan Kebijakan Ekstirpasi

Tujuan utama dari kebijakan ekstirpasi adalah untuk:
1. Menjaga harga rempah-rempah tetap tinggi di pasar Eropa
Dengan membatasi produksi, VOC dapat mengontrol pasokan rempah-rempah dan menjaga harga tetap tinggi, sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi lebih besar.

2. Memperkuat monopoli perdagangan rempah-rempah
Kebijakan ini merupakan bagian dari upaya VOC untuk menguasai seluruh perdagangan rempah-rempah di dunia dan mencegah persaingan dari pedagang lain.

Dampak Kebijakan Ekstirpasi

Kebijakan ekstirpasi membawa dampak yang sangat buruk bagi masyarakat Maluku, antara lain:
1. Kerugian ekonomi
Petani di Maluku mengalami kerugian besar karena tanaman mereka ditebang dan dibakar. Hal ini menyebabkan kemiskinan dan kelaparan.

2. Kerusakan lingkungan
Pemusnahan tanaman secara besar-besaran menyebabkan kerusakan lingkungan dan hilangnya keanekaragaman hayati.

3. Perlawanan rakyat
Kebijakan ini memicu perlawanan dari rakyat Maluku yang merasa dirugikan dan diperlakukan tidak adil.

Kaitannya dengan Pelayaran Hongi

Kebijakan ekstirpasi seringkali dijalankan bersamaan dengan pelayaran hongi. Pelayaran hongi adalah patroli laut yang dilakukan oleh VOC untuk mengawasi monopoli perdagangan rempah-rempah dan menindak pelanggaran. Kapal-kapal hongi bertugas untuk memastikan bahwa tidak ada rempah-rempah yang dijual secara ilegal kepada pedagang lain selain VOC. ***

0 Response to "Kebijakan VOC Untuk Menstabilkan Harga Penjualan Rempah-Rempah"

Posting Komentar