Pengaruh Kebudayaan Hindu - Budha Terhadap Seni Bangunan

Secara umum masuknya suatu kebudayaan luar (asing) ke dalam suatu kebudayaan tertentu akan memunculkan tiga hal; pertama, kedua kebudayaan itu akan berakulturasi; kedua, masing-masing kebudayaan akan berjauhan; dan ketiga, salah satu kebudayaan akan hilang atau hancur.


Proses kehidupan masyarakat Indonesia (Nusantara) yang terus berhubungan dengan India dan cina telah terjadi akulturasi terhadap kebudayaan Indonesia. Akulturasi budaya yang paling mudha dilihat ialah dalam bentuk kesenian, baik itu seni rupa atau seni sastra dan bangunan.

Pengaruh kebudayaan Hindu dan Budha dalam bidang seni bangunan di Indonesia dapat kita jumpai seperti bangunan candi. Bangunan candi yang bercorak Hindu dengan Budha memiliki perbedaan fungsi. Bangunan candi bercorak Hindu biasanya digunakan sebagai tempat makam (pripih). Sementara candi bercorak Budha digunakan sebagai tempat pemujaan atau peribadatan.

Umumnya bangunan candi memiliki tiga bagian;
  1. Kaki candi berbentuk persegi.
  2. tubuh candi terdiri atas bilik-bilik yang berisi arca, tiap sisi memiliki arca yang berbeda bentuk.
  3. Bagian ketiga yaitu atap candi, pada puncaknya terdapat lingga atau stupa (tempat pemujaan).
Berikut contoh-contoh candi yang bercorak kebudayaan Hindu dan Budha:
Bercorak Hindu; seperti candi Prambanan, candi Ratu Boko, candi Dieng, candi Jago, dan lainnya.
Bercorak Budha; seperti candi Borobudur, candi Mendut, candi Kalasan, candi Sewu, candi Muara Takus, dan lainnya.

Selain bangunan candi contoh bangunan lainnya yang mendapat pengaruh kebudayaan Hindu dan Budha seperti patitiran atau pemandian seperti pemandian di Jalatunda dan Belahan, dan bangunan Gapura, bentuk bangunannya umumnya menyerupai candi namun memiliki pintu keluar masuk.
Anda di izinkan untuk menyalin dan menyebarluaskan artikel Pengaruh Kebudayaan Hindu - Budha Terhadap Seni Bangunan, tulisan ini bisa diunduh dalam bentuk Microsoft Office Word 2010, klik disini untuk mengunduhnya.
*** 

8 Responses to "Pengaruh Kebudayaan Hindu - Budha Terhadap Seni Bangunan"

  1. Balasan
    1. Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang Akulturasi Kebudayaan Nusantara dan Hindu Budha, smoga dpt saling melengkapi

      7 Akulturasi Kebudayaan Nusantara dan Hindu Budha

      Hapus
    2. Iya mbak Intan Pertiwi. Semoga artikel 7 akulturasi kebudayaan nusantara dan hindu budha dapat menjadi referensi bagi yang lain.

      Hapus
  2. hi aku lgi belajar sejarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jas Merah!
      Jangan Sekali-kali melupakan Sejarah.

      Hapus
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai sastra. Sastra merupakan sesuatu yang penting yang harus diajarkan bagi pelajar Indonesia. Saya memiliki beberapa pembahasan sastra yang bisa anda kunjungi di www.lepsab.gunadarma.ac.id

    BalasHapus