Klasifikasi Manusia Purba di Indonesia Jenis Meganthropus

Masih membahas mengenai manusia purba nih! Tentunya anda masih ingat dengan materi ajar tentang Klasifikasi Manusia Purba di Indonesia Jenis Pithecanthropus. Nah pada kali ini edusejarah.blogspot.com akan membagikan bahan ajar untuk mata pelajaran Sejarah Indonesia yang masih berhubungan tentang manusia purba yakni jenis Meganthropus.

Jenis manusia purba Meganthropus dapat diklasifikasikan beberapa jenis sesuai bentuk dan tempat ditemukannya.

Meganthropus Paleojavanicus
Jenis yang pertama pada manusia purba Meganthropus ialah Paleojavanicus. Paleojavanicus berasal dari kata mega yang berarti besar, anthropus berarti manusia dan paleo berarti tertua serta javanicus berarti Jawa.

Fosil yang ditemukan rahang atas dan bawah
Sumber. jawara.wordpress.com

Dari asal kata tesebut dapat disimpulkan bahwa Meganthropus Paleojavanicus ialah manusia besar tertua dari Jawa. Arti ini diambil dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa tulang rahang atas dan rahang bawah lebih kuat dari pada Pithecanthropus Erectus

Fosil ini ditemukan oleh Von Koeningswald di Sangiran, Surakarta pada tahun 1941. Saat ini disangiran didirikan museum Purbakala Sangiran. Menurut Von Koeningswald fosil ini lebih tua dibandingkan dengan Pithecanthropus Erectus, karena jenis Meganthropus Paleojavanicus yang ditemukan didaerah Sangiran berada pada lapisan pleistosen bawah.

Hasil temuan fosi tersebut berupa tulang bagian bawah dan atas. Ditemukan juga fosil serupa oleh Marks dilapisan pleistosen tengah atau Kabuh pada tahun 1952. Berdasarkan penelitian tulang rahang atas dan tulang rahang bawah, disimpulkan bahwa Menganthropus Paleojavanicus mengkonsumsi jenis makanan berupa tumbuh-tumbuhan. Karena menkonsumsi makanan tanpa melalui proses pemasakan, sehingga gigi rahangnya besar dan kuat.

Manusia Meganthropus Paleojavanicus diperkirakan hidup pada 2 sampai 1 juta tahun yang lalu. Adapun ciri-ciri Meganthropus Paleojavanicus sebagai berikut:
- Memiliki rahang bawah tebal dan kuat.
- Tubuh tegap.
- Tonjolan tulang pipi yang tebal.
- Tonjolan kening tebal.
- Memiliki otot-otot kuat.
- Termasuk sebagai pemakan tumbuhan.

Demikian bahan ajar tentang klasifikasi manusia purba di Indonesia jenis Meganthropus Paleojavanicus. Semoga dapat membantu.

***
Pu. Wates,  Juni 2016

0 Response to "Klasifikasi Manusia Purba di Indonesia Jenis Meganthropus"

Posting Komentar