Upaya Raja Kertanegara untuk Mempertahankan Kerajaan Singasari dari Serangan Bangsa Mongol

Upaya Raja Kertanegara untuk mempertahankan kerajaan Singasari dari serangan bangsa Mongol di dalam sejarah dikenal dengan istilah...
a. Memperluas wilayah kekuasaan
b. Ekspedisi Pamalayu
c. Ekpedisi Barang dan Jasa
d. Ekploitasi Kerajaan Melayu
e. Membentengi kerajaan Singasari

Kunci Jawaban
Ilustrasi Ekspedisi Pamalayu

Kertanegara merupakan raja terbesar Kerajaan Singasari yang tercantum dalam sejarah Nusantara. Raja Kertanegara memiliki gelar Sri Maharajadhiraja Sri Kertanegara. Raja Kertanegara adalah putra dari Raja Wisnuwardhana dan Jayawardhani atau Waning Hyun.

Masa kejayaan Kerajaan Singasari terjadi pada masa pemerintahan Kertanagara, yang berkuasa dari tahun 1272 hingga 1292 M. Kertanagara adalah seorang raja yang memiliki cita-cita besar untuk menjadikan Singasari sebagai kerajaan terbesar dan terkuat di Nusantara.

Sementara itu di Tiongkok ada kerajaan besar yang dipimpin oleh Kubilai Khan. Di masa ini Kubilai Khan memerintahkan untuk memindahkan ibukota dari Mongol ke Beijing dan menciptakan iklim perdagangan bebas hingga ke pasar Eropa. Di masa yang sama, Marco Polo dari Italia tiba ke wilayah Cina dan semakin meningkatkan laju perniagaan di Dinasti Yuan yang dipimpinnya.

Di sinilah Kubilai Khan mulai melakukan invasi dengan tujuan memperluas pengaruh kekuasaan, meningkatkan perdagangan, dan mendapatkan upeti dari negara-negara yang ditargetkan. Awal kekuasaan Dinasti Yuan dimulai pada tahun 1279 saat dapat menaklukan kekuasaan Dinasti Sung.

Kerajaan Singasari juga menjadi invasi Kubilai Khan. Kubilai Khan mengirim utusan ke Singasari. Utusan tersebut diperintah untuk meminta negara-negara yang dikunjunginya supaya tunduk di bawah kekuasaan Mongol dan membayar upeti. 

Men Shi atau Meng-qi, yang dikirim ke Kerajaan Singasari tidak diterima dengan baik oleh Raja Kertanegara. Raja Kertanegara menolak untuk tunduk dan memperlakukan Men Shi seperti pencuri, yaitu dipotong telinganya dan diusir dari kerajaan.

Kertanegara menyadari bahwa Kerajaan Mogol merupakan kerajaan besar dan kuat pada saat itu. Sehingga Kertanegara mengambil strategi untuk membendung pengaruh Mogol dengan melaksanakan ekspedisi Pamalayu.

Ekspedisi Pamalayu adalah sebuah program terpadu yang bertujuan menyatukan Nusantara untuk menghadapi ancaman dari Mongol, yang dilakukan Kerajaan Singhasari di bawah perintah Raja Kertanagara pada tahun 1275–1286 terhadap Kerajaan Melayu di Dharmasraya di Pulau Sumatra.

Kunci Jawaban: b. Ekspedisi Pamalayu ***

0 Response to "Upaya Raja Kertanegara untuk Mempertahankan Kerajaan Singasari dari Serangan Bangsa Mongol"

Posting Komentar