Front Pembebasan Islam Moro (Moro Islamic Liberation Front)




Moro Islamic Liberation Front atau yang dikenal Front Pembebasan Islam Moro merupakan satu diantara organisasi yang memperjuangkan bagi kemerdekaan masyarakat Muslim Moro di negara Filipina yang ingin membentuk negara Islam di wilayah Mindanao dan pulau-pulau sekitarnya.

Latar Belakang Lahirnya Organisasi MILF
Lahirnya organisasi pergerakan MILF (Moro Islamic Liberation Front) disebabkan adanya rasa kebencian dan rasa ketidakpuasan akibat penindasan dan penjajahan pemerintah negara Filipina terhadap Bangsa Islam Moro yang berada dikawasan Mindanao dan pulau-pulau sekitarnya. (Abu Ibrahim Muhammad Daud, 2008 : 69).


Bendera MILF
Sumber. 2bp.blogspot.com

Selain itu penyebab lahirnya organisasi ini juga dikarenakan perbedaan pandangan dalam metode perjuangan bagi kemerdekaan Bangsa Moro antara Nur Misuari pimpinan MNLF dengan Salamat Hasyim yang saat itu memegang jabatan wakil ketua MNLF. Nur Misuari lebih berpaham moderat dan cenderung menggunakan cara-cara perundingan ketika menghadapi pemerintah Filipina. (Abu Ibrahim, 2008 : 119). I

Sementara Salamat Hasyim memiliki pandangan yang sebaliknya, Ia banyak dipengaruhi oleh Sayyid Qutb seorang 
pemikir fundamentalis Islam. (Wikipedia, Front Pembebasan Islam Moro, 9 Februari 2013.

Perbedaan itu menyebabkan faksi Salamat Hasyim memilih opsi untuk mendirikan organisasi tersendiri terpisah dari MNLF (Moro National Liberation Front) pada tanggal 1977 dan secara resmi tanggal 1981.

Metode Perjuangan Organisasi MILF
Metode perjuangan yang dipakai oleh MILF adalah metode yang sesuai dengan Al-Quran dan Hadist.
"MILF membuat seluruh kebijakan, keputusan-keputusan, dan aktivitas programnya merujuk dan mengacu kepada Al-Quran dan As-Sunah". (Abu Ibrahim Muhammad Daud, 2008 : 71)
Dari pernyataan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa perjuangan MILF dalam menjalankan kegiatannya menerapkan hukum yang bersumber dari Al-Quran dan As-Sunah. Tentu saja aturan ini berlaku dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan syariat Islam.

Tujuan Perjuangan MILF
Tujuan didirikannya organisasi MILF ialah sebagai berikut;
  1. Menghambakan manusia hanya kepada Allah SWT
  2. Mendapatkan ridha Allah SWT dalam seluruh aspek kehidupan
  3. Menguatkan dan meningkatkan hubungan antara hamba dan penciptanya
  4. Menguatkan dan meningkatkan hubungan antar manusia
  5. Menghancurkan penjajahan dan perjuangan mendapatkan hak-hak asasi serta menentukan nasib sendiri.
  6. Mengokohkan pemerintahan dan Negara Islam (daulah Islam) yang merdeka, dan menegakkan syariat Islam (hukum-hukum Islam). (Abu Ibrahim Muhammad Daud, 2008 : 72)
Dari beberapa point di atas dapat diambil sebuah kesimpulan, tujuan utama didirikannya MILF adalah untuk menerapkan hukum Islam diseluruh kawasan Mindanao dan sekitarnya. ***


2 Responses to "Front Pembebasan Islam Moro (Moro Islamic Liberation Front)"