Propinsi Aceh

Propinsi Aceh merupakan propinsi paling ujung sebelah Barat wilayah Indonesia. Propinsi ini semula bernama Daerah Istimewa Aceh, namun seiring dikeluarkannya UU No. 18 Tahun 2001 namanya diubah menjadi Nanggroe Aceh Darussalam. Selanjutnya, lahir UU. No. 11 Tahun 2006 dengan mencabut UU. No. 18 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Daerah Istimewa Aceh, sehingga nama Nanggroe Aceh Darussalam berubah menjadi Propinsi Aceh.
Gambar. Lambang Propinsi Aceh "Pancacita" berarti lima cita-cita.
Sumber. Upload.wikimedia.org/commons/coat_of_arms_aceh.svg

Secara astronomis, Propinsi Aceh terletak antara 20 - 60 Lintang Utara dan 950 - 990 Bujur Timur. Propinsi ini memiliki luas wilayah 51.937 km2. Ibu Kota Propinsi Aceh berkedudukan di Banda Aceh.

Adapun batas-batas wilayah Propinsi Aceh yaitu, sebelah Utara berbatas dengan Selat Malaka, sebelah Selatan berbatas dengan Sumatera Utara, sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Hindia, dan sebelah Timur berbatasan dengan Sumatera Utara.

Propinsi Aceh dibagi menjadi beberapa kota dan kabupaten. Berikut daftar kota dan kabupaten di Propinsi Aceh pada tahun 2017:

  1. Kota Banda Aceh
  2. Kota Langsa
  3. Kota Lhokseumawe
  4. Kota Sabang
  5. Kota Subulussalam
  6. Kabupaten Aceh Barat
  7. Kabupaten Aceh Barat Daya
  8. Kabupaten Aceh Besar
  9. Kabupaten Aceh Jaya
  10. Kabupaten Aceh Selatan
  11. Kabupaten Aceh Singkil
  12. Kabupaten Aceh Tamiang
  13. Kabupaten Aceh Tengah
  14. Kabupaten Aceh Tenggara
  15. Kabupaten Aceh Timur
  16. Kabupaten Aceh Utara
  17. Kabupaten Bener Meriah
  18. Kabupaten Bireuen
  19. Kabupaten Gayo Lues
  20. Kabupaten Nagan Raya
  21. Kabupaten Pidie
  22. Kabupaten Pidie Jaya
  23. Kabupaten Simeulue

Di Propinsi Aceh terdiri dari beberapa suku asli. Suku Aceh merupakan populasi terbesar yang mendiami wilayah pesisir mulai dari Langsa di pesisir Timur Utara sampai Trumon di pesisir Barat Selatan. Adapun suku lainnya seperti Suku Gayo, Suku Gayo Lut, Suku Gayo Luwes, Suku Gayo Serbe Jadi dan suku-suku lainnya.

Mayoritas di Aceh bahasa yang digunakan adalah adalah bahasa Aceh di wilayah sepanjang pesisir Aceh. Bahasa lainnya seperti Bahasa Gayo di Aceh bagian Tengah, bahasa Alas di Aceh Tenggara, Bahasa Melayu Tamiang di Aceh Tamiang.


Agama Islam merupakan Agama yang paling banyak dipeluk oleh masyarakat Aceh. Agama lain yang dianut seperti kristen, Hindu, Budha dan kepercayaan lainnya. Propinsi yang mendapat julukan Serambi Mekah ini juga memberlakukan hukum Syariat Islam berdasarkan UU No. 18 / 2001.

oOo

0 Response to "Propinsi Aceh"

Posting Komentar