Kebijakan Masa Soeharto di Bidang Ekonomi

Soal Sejarah
Kebijakan ekonomi pada masa pemerintahan Soeharto yang gagal menciptakan pengusaha pribumi yang handal dan malah menghempaskan Indonesia dalam jurang krisis moneter adalah
A. Transmigrasi
B. Sentralisasi kekuasaan
C. Fusi partai politik
D. Trickle Down Effect
E. Dwi Fungsi ABRI

Pembahasan
Konsep trickle down effect juga sejalan dengan spillover effects, yaitu terjadinya fenomena atau kejadian yang memberikan efek positif dan negatif pada ekonomi, sosial, dan politik. Ketika keuntungan ekonomi diperoleh oleh masyarakat golongan atas, diharapkan akan memberikan dampak positif pada masyarakat pada lapisan bawah.

Trickle down effect menyatakan bahwa jalan terbaik untuk mendorong pertumbuhan perekonomian negara adalah dengan membiarkan orang kaya atau pemilik modal berkembang. Pemerintah merelaksasi kebijakan ekonomi yang menguntungkan mereka bukan kelompok masyarakat menengah ke bawah.

trickle down effect pertama kali dilakukan pada pemerintahan Presiden Soeharto dalam menjalankan strategi pembangunan perekonomian. Sejak zaman tersebut, pembangunan dari segi ekonomi, sosial, dan politik dipusatkan di Jawa, khususnya Jakarta yang nantinya diharapkan dapat berpengaruh pada perekonomian daerah lainya.

Kunci Jawaban
D. Trickle Down Effect

0 Response to "Kebijakan Masa Soeharto di Bidang Ekonomi"

Posting Komentar