Kebijakan Pada Masa Orde Baru di Bidang...

Soal Sejarah
Perhatikan informasi berikut!
1. Azas Tunggal
2. Sekolah Dasar Inpres (SD Inpres)
3. Wajib belajar 6 tahun
4. Revolusi Hijau

Kebijakan Pembangunan Orde Baru yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan rakyat ditunjukkan oleh nomor...
a. 1,2
b. 1,3
c. 2,3
d. 2,4
e. 3,4

Pembahasan
SD Inpres merupakan kebijakan yang dikeluarkan Presiden Soeharto lewat Instruksi Presiden (Inpres) No 10 Tahun 1973 tentang Program Bantuan Pembangunan Sekolah Dasar. Berbekal spirit untuk mewujudkan kesempatan yang sama atas Pendidikan, hingga periode 1993/1994 tercatat hampir 150 ribu unit SD Inpres telah dibangun.
Setelah membangun sarana pendidikan, maka pada tanggal 2 Mei 1984, pemerintah mencanangkan Program Wajib Belajar. Dalam sambutan peresmian wajib belajar itu Presiden Soeharto menyatakan bahwa kebijakan pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil kepada seluruh anak Indonesia berusia 7-12 tahun untuk menikmati pendidikan dasar. Upacara pencanangan rencana ini dilakukan secara besar-besaran di Stadion Utama Senayan (kini Stadion Utama Bung Karno), Jakarta.

Program ini tidak memaksa tetapi menghimbau kepada masyarakat untuk memasukan anaknya yang cukup umur ke sekolah. Pemerintah bertanggung jawab terhadap penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang dibutuhkan, seperti gedung sekolah, peralatan sekolah guru dan kepala sekolah. meskipun program ini tidak diikuti oleh pembebasan biaya sekolah, pemerintah

Kunci Jawaban
c. 2, 3

0 Response to "Kebijakan Pada Masa Orde Baru di Bidang..."

Posting Komentar