Pengertian Masa Praaksara

Pengertian Masa Praaksara

Tahukah kamu apa yang dimaksud praaksara? Praaksara berasal dari dua suku kata, yakni pra yang berarti sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Sehingga masa Praksara adalah masa di mana belum ada tulisan. 
Pengertian Praaksara

Istilah lain untuk menggambarkan kondisi manusia yang belum mengenal tulisan ialah nirleka. Nirleka yang artinya nir tidak ada dan leka berarti tulisan.

Kehidupan manusia tidaklah bersifat statis. Manusia selalu memiliki rasa ingin tahu. Sikap tersebut membawa manusia untuk mencoba dan memulai Masa Praaksara di Indonesia sesuatu yang belum pernah diketahuinya. 


Demikian halnya manusia yang hidup pada zaman Praaksara. Tentunya ada fase di mana zaman tersebut berakhir. Zaman Praaksara berakhir ketika manusia mulai mengenal tulisan. Pada tahap ini, manusia memasuki zaman baru yang lebih maju dari zaman sebelumnya, yaitu zaman sejarah.

Setiap bangsa memiliki waktu yang berbeda-beda terkait dengan munculnya zaman sejarah. Perbedaan tersebut karena dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dialami oleh bangsa itu sendiri. 

Zaman Prasejarah di Indonesia sendiri diperkirakan berakhir pada masa berdirinya Kerajaan Kutai, sekitar Abad ke-5 Masehi. 

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya prasasti yang berbentuk Yupa yang ditemukan di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. 

Prasasti berbentuk Yupa merupakan tugu batu yang ditulis dengan huruf Pallawa, dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Sanskerta. Dengan ditemukannya bukti tersebut, maka Indonesia mulai memasuki zaman baru, yaitu zaman Sejarah.

Kata Kunci
#Pengertian Praaksara #Berakhirnya Zaman Praaksara #Zaman Sejarah

0 Response to "Pengertian Masa Praaksara"

Posting Komentar