Materi Sejarah Bubarnya Negara Yugoslavia Menjadi 7 Negara Baru

Republik Federal Sosialis Yugoslavia adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Tenggara dan Tengah yang ada sejak pendiriannya pasca-Perang Dunia II hingga pembubarannya pada 1992 di tengah Perang Yugoslavia. Dengan luas sebesar 255,804 km2, RFSY berbatasan dengan Laut Adriatik dan Italia di sisi barat, Austria dan Hungaria di sisi utara, Bulgaria dan Rumania di sisi timur, dan Albania dan Yunani di sisi selatan.

7 Negara Pecahan Yugoslavia

Nama Yugoslavia yang dalam bahasa aslinya disebut sebagai Jugoslavija terdiri dari dua kata, yaitu jug and slavija yang berasal dari rumpun bahasa Slavia. Kata jug berarti selatan, sedangkan slavija berarti negeri bangsa Slavia. Karenanya, Jugoslavija dapat diterjemahkan sebagai Slavia Selatan atau Tanah Bangsa Slavia Selatan. Terlepas dari itu, nama lengkap resmi Yugoslavia berubah-ubah antara tahun 1945 and 1992.[8] Yugoslavia dibentuk pada 1918 dengan nama resmi Kerajaan Serbia, Kroasia, dan Slovenia. Pada Januari 1929, Raja Aleksandar I memperoleh kekuasaan mutlak dan mengubah nama kerajaannya menjadi Kerajaan Yugoslavia, meresmikan penggunaan kata Yugoslavia untuk pertama kalinya yang selama ini hanya dipakai dalam penggunaan tak resmi.

Negara Pecahan Yugoslavia
Negara Yugoslavia pecah menjadi 7 negara sebagai berikut:

1. Serbia
Serbia merupakan salah satu negara pecahan Yugoslavia. Negara yang beribu kota di Belgrade ini terletak di tenggara dan pusat Eropa. Saat masih berada di bawah naungan Yugoslavia, Serbia dimanfaatkan lantaran memiliki wilayah yang kaya dengan sumber daya alam. Negara-negara yang ikut memanfaatkan sumber daya alam Serbia yaitu seperti Kroasia, Slovenia, dan Kosovo.

2. Montenegro
Montenegro merupakan negara pecahan Serbia yang berada di negara Balkan, Eropa Selatan. Saat riwayat Republik Federal Yugoslavia berakhir pada tahun 2003, terbentuk persatuan Serbia dan Montenegro yang berdiri antara 2003-2006.

3. Bosnia-Herzegovina
Bosnia-Herzegovina terletak di dekat Makedonia Utara di wilayah Semenanjung Balkan selatan Eropa. Negara ini memiliki luas wilayah 51.129 km persegi dan berbatasan dengan Kroasia di sebelah utara dan selatan, Serbia di timur, serta Montenegro di sebelah selatan. Bosnia-Herzegovina memproklamasikan kemerdekaannya pada 3 Maret 1992, sebulan sebelum Yugoslavia runtuh.

4. Kosovo
Kosovo (bahasa Albania: Kosova atau Kosovë, bahasa Serbia: Косово – transliterasi: Kosovo, bahasa Turki: Kosova) adalah sebuah negara pengakuan terbatas yang secara de facto merdeka, terletak di sebelah tenggara Eropa. Sebelumnya, Kosovo adalah sebuah provinsi di Serbia di bawah administrasi PBB, tetapi pada 17 Februari 2008 Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan secara sepihak. Deklarasi ini ditentang oleh Serbia, tetapi didukung oleh negara-negara Barat. Ibu kota Kosovo berada di Priština.

5. Makedonia Utara
Makedonia Utara adalah negara yang terletak di Semenanjung Balkan, Eropa Selatan. Negara ini berbatasan dengan Serbia dan Kosovo di utara, Albania di barat, Yunani di selatan, dan Bulgaria di timur.

Ibu kota negara Makedonia Utara adalah Skopje, yang dihuni 506.926 jiwa penduduk pada tahun 2004. Negara ini memiliki beberapa kota yang lebih kecil, seperti Bitola, Kumanovo, Prilep, Tetovo, Ohrid, Veles, Štip, Kočani, Gostivar, dan Strumica. 

Di Makedonia Utara, terdapat lebih daripada 50 danau alami dan waduk, dan juga memiliki enam belas gunung yang memiliki tinggi lebih dari 2.000 meter dari permukaan laut.

Makedonia merayakan kemerdekaan pada tanggal 8 September 1991, dinamakan Hari Kemerdekaan setelah diadakannya referendum untuk meraih kemerdekaan atau tetap membentuk federasi Yugoslavia. Perayaan mulanya pemberontakan Ilinden-Preobrazhenie yang bertepatan dengan hari Santo Eliyah pada tanggal 2 Agustus juga dirayakan sebagai hari kemerdekaan secara luas di Makedonia.

6. Kroasia
Kroasia adalah sebuah negara di Balkan berbentuk bulan sabit di persimpangan Eropa Tengah dan Eropa Tenggara. Negara ini berbatasan dengan Slovenia di barat laut, Hungaria di timur laut, Serbia di timur, Bosnia dan Herzegovina dan Montenegro di tenggara, dan berbagi perbatasan laut dengan Italia di barat dan barat daya.

Negara ini melepaskan diri dan memperoleh kemerdekaan pada tahun 1991 dan merupakan anggota kandidat dari Uni Eropa, PBB, Organisasi untuk Keamanan dan Co-operasi di Eropa, Dewan Eropa, dan anggota tidak tetap dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk periode 2008-2009. 

Negara ini juga anggota Uni Eropa dan NATO. Kroasia resmi bergabung dengan NATO pada April 2009, sehingga ada dua negara bekas anggota Republik Sosialis Federal Yugoslavia yang bergabung dengan aliansi militer tersebut, yaitu Kroasia dan Slovenia. Selain itu, Kroasia juga merupakan anggota dari Uni untuk Mediterania setelah didirikan pada tahun 2008.

7. Slovenia
Slovenia adalah sebuah negara pesisir sub-Alpen di Eropa Tengah. Negara Slovenia berbatasan dengan Italia di barat, Austria di utara, Hungaria di timurlaut, Kroasia di tenggara, dan Laut Adriatik di barat daya.

Slovenia didominasi pegunungan dan hutan, dengan luas wilayah 20.271 kilometer persegi, dan dengan jumlah penduduk sebanyak 2.107.007 jiwa, yang 300.000 di antaranya menetap di kota terbesar dan pusat pemerintahan, Ljubljana.

Demikianlah tujuah negara pecahan dari Yugoslavia. ***

0 Response to "Materi Sejarah Bubarnya Negara Yugoslavia Menjadi 7 Negara Baru"

Posting Komentar