5 Pulau Terbesar Berdasarkan Luas Wilayahnya

Pulau merupakan sebidang tanah yang lebih kecil dari benua dan lebih besar dari karang dan dikelilingi oleh air. Kalau terdiri dari pulau-pulau dinamakan kepulauan. Kalau didasarkan pada Konvensi PBB tentang Hukum Laut Internasional tahun 1982, mendefinisikan pulau itu adalah daratan yang terbentuk secara alami dan dikelilingi oleh air, dan selalu di atas muka air pada saat pasang naik tertinggi.

Berikut 5 pulau terbesar berdasarkan luas wilayahnya;

1. Pulau Greenland (2.166.086 km²)

 Greenland (Sumber foto: greenwichmeantime)

Greenland atau yang sering kita sebut tanah hijau merupakan bekas koloni Denmark, sejak tahun 1985 Greenland keluar dari Uni Eropa. Tetapi, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara. Ibukota Tanah Hijau adalah Nuuk.

Pulau ini memiliki luas wilayah 2.166.086 km². Pulau Greenland terletak di Samudra Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Secara geografis merupakan bagian dari Amerika Utara. 80% dari seluruh wilayah tertutup es yang di beberapa tempat ketebalannya mencapai 3 kilometer. Hanya daerah pesisir selatan dan barat yang bisa didiami manusia.

Penduduk asli Tanah Hijau adalah orang Inuit atau Eskimo. Sementara ada pula orang Denmark dan campuran antara orang Inuit dan Denmark yang disebut sebagai orang Tanah Hijau.

Perekonomian Tanah Hijau tergantung dari produksi bahari, peternakan domba, dan pertambangan. Produk yang dihasilkan dari sektor pertambangan antara lain kreolit, kwarts, tembaga, seng dan besi.

2. Pulau Papua / Nugini (890.000 km2)

 Pulau Papua

Pulau yang sering disebut dengan Pulau Papua adalah pulau terbesar kedua (setelah Tanah Hijau) luas wilayahnya diperkirakan 890.000 km2. Pulau Papua di dunia yang terletak di sebelah utara Australia. Pulau ini dibagi menjadi dua wilayah yang bagian baratnya dikuasai oleh Indonesia dan bagian timurnya merupakan negara Papua Nugini. Di pulau yang bentuknya menyerupai burung rajawali ini terletak gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya (4.884 m).

Istilah "Papua" digunakan untuk merujuk kepada pulau ini secara keseluruhan. Nugini berasal dari kata New Guinea, nama yang diberikan oleh orang Barat, yang di-Indonesiakan. Mereka dahulu berpendapat bahwa tanah Papua mirip Guinea, sebuah wilayah di Afrika. Jadi mereka sebut Guinea baru.

3. Pulau Borneo (743.330 km2)

 Pulau Kalimantan

Secara keseluruhan pulau ini dinamakan Borneo, khusus untuk wilayah Indonesia dinamakan pulau Kalimantan. Merupakan pulau terbesar ketiga di dunia luas wialayahnya 743.330 km2, yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Brunei, Indonesia (dua per tiga) dan Malaysia (sepertiga). Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

4. Pulau Madagaskar (587.041 km2)

 Pulau Madagaskar
Selain Pulau juga merupakan sebuah negara pulau yaitu Negara Republik Madagaskar. Letak pulau Madagaskar ini di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. Pulau Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia dengan luas wilayah 587.041 km2.

Secara geologi, Madagaskar berada pada lempeng yang terpisah dari benua utama Afrika. Pertama kali terpisah dari anak benua India, pulau ini bergerak makin mendekati benua itu. Pulau ini adalah daratan tua, sama seperti Australia, sehingga tanahnya kahat bahan mineral akibat tidak adanya aktivitas vulkanik. Kebanyakan tanahnya berwarna merah, menunjukkan keadaan tanah yang telah melapuk.

5. Pulau Baffin (507.451 km2)

 Pulau Baffin

Pulau Baffin adalah salah satu dari Kepulauan Artik di wilayah Nunavut, bagian utara Kanada. Ia merupakan pulau terbesar di Kanada sekaligus pulau kelima terbesar di dunia, dengan luas 507.451 km². Pada 2004, penduduknya berjumlah 11.000 jiwa. Nama pulau ini diambil dari nama akhir penjelajah Britania, William Baffin. Di sebelah selatan Pulau Baffin terdapat Selat Hudson dan Quebec di daratan Kanada. Di sebelah timur terdapat Selat Davis, Teluk Baffin dan Greenland. Di arah barat dan utara, Paparan Foxe, Teluk Boothia dan Lancaster Sound memisahkan Pulau Baffin dari kepulauan lainnya. 

2 Responses to "5 Pulau Terbesar Berdasarkan Luas Wilayahnya"

  1. thanks for the information of friends, very useful for me. may be useful also for other people. your article certainly very cool once and I loved it.
    http://goo.gl/SPiMMm

    BalasHapus